Internasional

Resmi, Rusia Dikeluarkan dari Piala Dunia

News - sef, CNBC Indonesia
01 March 2022 07:00
A fountain is seen at a FIFA World Cup fan zone in Volgograd, Russia, June 17, 2018. As well as shooting all the matches, Reuters photographers are producing pictures showing their own quirky view from the sidelines of the World Cup.   REUTERS/Toru Hanai

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia resmi dikeluarkan dari Piala Dunia. Ini terjadi setelah FIFA dan federasi sepak bola Eropa, UEFA, menerapkan sanksi.

Rusia diskros dari semua kompetisi internasional hingga pemberitahuan lebih lanjut. Badan sepak bola Eropa juga mengakhiri kemitraannya dengan raksasa energi Rusia Gazprom.


"FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pernyataan bersama itu, dikutip Reuters, Selasa (1/3/2022).

Rusia sendiri dijadwalkan bermain bulan ini di babak play-off kualifikasi Piala Dunia (World Cup) Qatar. Tim dijadwalkan bermain melawan Polandia di babak semifinal play-off kualifikasi Piala Dunia pada 24 Maret dan mungkin akan menghadapi Swedia atau Republik Ceko pada 29 Maret untuk memperebutkan satu tempat di putaran final di Qatar akhir tahun ini.

Sebelumnya FIFA masih mengizinkan tim untuk terus bermain di bawah nama Persatuan Sepak Bola Rusia, dengan bendera dan lagu kebangsaan Rusia dilarang Minggu. Namun tindakan itu ditolak dan tidak dapat diterima" oleh presiden FA Polandia Cezary Kulesza.

"Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina," tambah pernyataan FIFA dan UEFA lagi.

"Kedua presiden (Gianni Infantino dan Aleksander Ceferin) berharap situasi di Ukraina akan membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepak bola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang."

Rusia sendiri mengecam tindakan itu. Negara itu menyebutnya diskriminatif.

"Ini jelas memiliki karakter diskriminatif dan merugikan sejumlah besar atlet, pelatih, karyawan klub dan tim nasional. Dan yang paling penting, jutaan penggemar Rusia dan asing, yang kepentingannya harus dilindungi oleh organisasi olahraga internasional sejak awal," kata Persatuan Sepak Bola Rusia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! Senjata Rusia Bisa 'Lenyapkan' Inggris dalam 20 Menit


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading