Tersisa 10 Wilayah RI yang 'Bebas' Omicron, Mana Saja?

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
23 February 2022 17:55
Pengemudi ambulan berpakaian hazmat atau alat pelindung diri (APD) yag membawa pasien orang tanpa gejala (OTG) di Hotel Yasmin, Karawaci, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kebupaten Tangerang, Senin (28/9/2020). (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 

Seminggu beroperasi, satu gedung di Hotel Yasmin, Karawaci, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang yang dijadikan tempat isolasi atau rumah singgah untuk pasien orang tanpa gejala (OTG) virus corona atau Covid-19 Kabupaten Tangerang penuh. 

Pantauan CNBC Indonesia, dalam sehari ada 30 lebih pasien (OTG) yang datang untuk diberikan perawatan. 

Penanggung jawab medis rumah inggah OTG Covid-19 Kabupaten Tangerang, Muchlis menjelaskan,

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan mencatat hampir seluruh provinsi Indonesia mencatat lebih dari satu kasus Covd-19 varian Omicron. Namun, bukan berarti tidak ada provinsi yang 'bebas' dari varian tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam data hasil whole genome sequencing (WGS) yang dihimpun Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan per 21 Februari 2022.


Merujuk pada data tersebut, Rabu (23/2/2022), masih ada 10 provinsi yang masih bebas dari varian Omicron. Berikut rinciannya:

  1. Aceh
  2. Sumatera Barat
  3. Jambi
  4. Kalimantan Utara
  5. Sulawesi Tengah
  6. Gorontalo
  7. Sulawesi Tenggara
  8. Maluku Utara
  9. Maluku
  10. Papua

Sebagai informasi, tren konfirmasi kasus harian Covid-19 di Indonesia menunjukkan penurunan dalam satu pekan terakhir, berdasarkan pemantauan Kementerian Kesehatan.

Namun, kemarin tren penurunan kasus terhenti. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan ada tambahan 57.491 kasus konfirmasi, lebih banyak dari hari sebelumnya yakni 34.418.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tangkal Omicron, Ini Saran WHO Buat RI! Lockdown Bukan?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading