Mantap! Sebentar Lagi Manado - Bitung Cuma Butuh 30 Menit

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
21 February 2022 14:40
Jalan Tol Manado-Bitung (Dok JasaMarga)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan ruas akhir tol Manado - Bitung telah rampung, sehingga dalam waktu dekat tol pertama di wilayah Sulawesi Utara ini akan beroperasi penuh. Dengan begitu, waktu tempuh antar kedua kota akan semakn singkat, menjadi hanya 30  menit.

Pihak Jasa Marga Manado Bitung (JMB), pengelola tol Manado - Bitung juga anak usaha Jasa Marga (Persero), melaporkan ruas akhir yakni seksi 2B ruas Danowudu -Bitung sepanjang 13,65 kil

ometer telah selesai konstruksinya. Namun masih menunggu keputusan pemerintah pusat untuk pengoperasian.


Dengan beroperasinya seksi terakhir dari ruas jalan tol sepanjang 39,9 km ini, maka jalan tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya, melengkapi tiga seksi lainnya sepanjang 26,35 km yang sudah lebih dulu dioperasikan pada tahun 2020 lalu.

"Progres konstruksi untuk seksi 2B sendiri sudah mencapai 100% dan uji laik fungsi (ULF) telah dilakukan pada awal Januari 2022. Serta sudah mendapatkan sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Dirjen Bina Marga," jelas Direktur Utama PT JMB Charles Lendra, dalam keterangan, Senin (21/2/2022).

Dia berharap saat tol Manado sampai Bitung ini beroperasi dapat mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Sulawesi Utara dan meningkatkan arus lalu lintas tol.

Presiden RI Joko Widodo memantau pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung. (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden RI Joko Widodo memantau pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung. (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden RI Joko Widodo memantau pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung. (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jalan tol Manado-Bitung akan memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung. Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 1,5 jam, maka waktu tempuh melalui jalan tol Manado - Bitung hanya sekitar 30 menit saja.

"Sehingga dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang," tambah Charles.

Secara keseluruhan, total panjang jalan tol Manado-Bitung adalah 39,9 km yang dibangun dengan konsep kerja sama Pemerintah - Badan Usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB. Dengan penambahan satu gerbang tol baru, maka nantinya Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol, yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung.

Diharapkan, beroperasi penuhnya jalan tol ini akan mempermudah akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Juga, sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang.

Keberadaan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah dan daya saing investasi di provinsi Sulawesi Utara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Rincian 10 Tol Jokowi yang Beroperasi Pada 2021


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading