Erick Beberkan Laba BUMN Kuartal-IV Sampai Rp90 Triliun

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
18 February 2022 17:45
Mimpi Besar Erick Thohir, BUMN Indonesia Bisa Mendunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan laba BUMN pada kuartal IV 2021 mencapai Rp90 triliun, menandakan bukti agenda transformasinya berhasil.

"Transformasi sudah terlihat saya baru saja rapat internal. Kita lihat tadinya pada 2020 kita profit Rp13 triliun, lalu pada Q3-2021 kemarin di buku itu kita profit Rp61 triliun. Lalu ini tadi pagi fresh from the over masih unaudited, sampai Q4-2021 itu kita sampai Rp90 triliun," kata Erick kepada CNBC Indonesia, Jumat (18/2/2022).

Erick menjelaskan capaian profit dari Rp13 triliun menjadi Rp90 triliun itu merupakan efisiensi luar biasa dari perusahaan BUMN. Artinya model bisnis berjalan terlepas dari naiknya harga komoditas.


"Tidak mungkin kita bergantung pada harga komoditas, tapi transparansi, bisnis model, menarikĀ orang yang tepat ini menjadi bagian. Karena itu kita dorong BUMN ini jumlahnya tidak banyak lagi dari 108 menjadi 41," jelasnya.

Dia berharap Menteri BUMN berikutnya bisa kembali memangkas jumlah perusahaan BUMN menjadi hanya 30. Sehingga perusahaan BUMN menjadi besar dan sehat.

"Jadi jangan kecil. Kalau kecil justru menjadi pesaing. Kalau kita lihat holdingisasi kita buat klasternya dan fokus 12 klaster besar," tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Erick Thohir akan Lepas BUMN yang Beromzet di Bawah Rp 50 M


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading