Jokowi: Pandemi Belum Berakhir, Dunia Masih Terguncang

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
17 February 2022 09:14
Presiden RI Jokowi di Puncak Peringatan Hari Pers Nasional, Istana Kepresidenan Bogor, 9 Februari 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningatkan seluruh negara bahwa pandemi covid-19 belum berakhir. Sederet ketidakpastian masih menghantui banyak negara hingga saat ini.

"Pada IMF WB annual meeting 2018 the winter is coming dan saat ini winter yang berat benar-benar datang. Pandemi belum berakhir dan ekonomi dunia masih terguncang," ungkapnya dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara G20, Kamis (17/2/2022).


Jokowi menginginkan agar semua negara bisa bekerjasama untuk menghasilkan solusi yang tepat bagi semua negara.

"Dalam situasi seperti ini tidak ada suatu negara yang bangkit sendirian, semua negara saling terkoneksi, suatu kawasan akan membangkitkan kawasan lainnya. Keruntuhan akan ikut meruntuhkan kawasan lainnya," ungkap Jokowi.

Bahkan dirinya menyinggung kondisi ketengan di Ukraina yang seharusnya tidak perlu terjadi.

"Dalam situasi seperti ini bukan saatnya untuk rivalitas dan membuat ketegangan baru yang membahayakan keselamatan dunia. Sebagaimana yang terjadi di Ukraina saat ini. Saat ini semua pihak harus menghentikan rivalitas dan ketegangan, harus kolaborasi membangkitkan dunia untuk pulih kembali," paparnya.

Dalam pertemuan ini Jokowi berharap ada komitmen bersama untuk mengatasi berbagai persoalan tersebut.

"Saya menaruh harapan besar kepada Menkeu dan Gubernur Bank Sentral dunia yang bisa menghasilkan konkrit, recover stronger, recover together," tegas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kawasan Ini Bakal Dipamerkan Jokowi ke Negara G-20 di 2022


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading