Mantap! Bekasi Timur - Cawang Cuma 40 Menit Naik LRT

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
16 February 2022 08:20
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Jumat (14/1/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Progres pembangunan light rail transit (LRT) Jabodebek sudah hampir selesai. Dipastikan bulan Agustus 2022 nanti kereta layang ini bisa digunakan oleh masyarakat.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan salah satu keunggulan LRT dapat memastikan ketepatan dan kepastian waktu tempuh, itu menjadi keunggulan LRT.

"Waktu tempuh kami jamin untuk lintasan pelayanan 1 Cibubur - Dukuh Atas jarak 24,3 km ditempuh dalam waktu 37 menit, sementara Bekasi - Cawang - Dukuh Atas dengan panjang lintasan 27,3 km ditempuh dalam waktu 40 menit," kata Didiek kepada CNBC Indonesia, Rabu (16/2/2022).


Begitu juga dengan headway atau jarak antar kereta dipastikan 6 menit per kereta, namun untuk lintasan Cibubur - Cawang itu hanya 3 menit.

"Kalau kita lihat Bekasi - Cawang sekarang macet banget demikian juga dengan Cibubur, harapannya LRT ini bisa bangkit dalam membangun transportasi masal yang efisien," jelasnya.

Dari hasil survei yang dilakukan, diperkirakan kebangkitan penumpang mencapai 115 - 137 ribu penumpang per hari. Adapun pertumbuhan penumpang setiap tahun diproyeksikan mencapai 5% per tahun.

Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur kawasan Pancoran, Jakarta, Jumat (4/2/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur kawasan Pancoran, Jakarta, Jumat (4/2/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur kawasan Pancoran, Jakarta, Jumat (4/2/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Didiek mengatakan LRT akan dioperasikan dengan tanpa masinis atau menggunakan sistem Grade of Automation (GoA 3). Sehingga saat pengoperasian hanya ada train attendant yang bertugas membantu naik turunnya penumpang.

Dari periode waktu yang sudah ditentukan kereta pada Juni 2022 mendatang uji coba akan dilakukan untuk pengetesan sistem. Direncanakan pada 17 Agustus mendatang akan dioperasikan secara komersial.

"Dari trial run 21 Juni cukup dilakukan sehingga pertengahan Agustus 17 Agustus masyarakat bisa menikmati LRT Jabodebek ini," jelasnya.

Progres pembangunan lintasan dan stasiun per Januari 2021 kemarin suda 79,54%. Sedangkan penyelesaian Depo di Bekasi sudah 72,8%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-Siap! Agustus 2022 LRT Jabodebek Resmi Mondar-Mandir


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading