Negara Tak Bisa Lagi Bayarin PNS Seumur Hidup

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 February 2022 18:25
Infografis/ Gaji ke-13 PNS Cair 1 Juni, Cek Besaran Tiap Golongan!/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Jaminan pensiun untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi daya tarik bagi banyak orang di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan menyandang status PNS, hidupnya akan aman seumur hidup.

Hanya saja skema tersebut tidak bisa diteruskan, sebab berkaitan dengan beban pada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).


"Ekspektasi kan, waktu itu ikut PNS, dapat pensiun yang anuitas. Anak, janda, duda, dapat," kata Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni kepada CNBC Indonesia melalui video conference, dikutip Selasa (15/2/2022).

"Tapi tidak mungkin diteruskan define benefit seperti sekarang," tegasnya

Seperti diketahui, selama ini dana pensiunan diterapkan dengan istilah pay as you go. Melalui skema ini APBN harus mengeluarkan anggaran sekitar Rp 120 triliun setiap tahunnya untuk pembayaran pensiunan.

Skema dapen PNS pay as you go yang masih berlangsung hingga saat ini adalah skema dana pensiun dari hasil iuran PNS sebesar 4,75% dari gaji yang dihimpun PT Taspen ditambah dengan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pembayaran pensiunan tersebut setidaknya diberikan kepada Pensiunan PNS, TNI, Polri yang jumlahnya sekitar ke 3,1 juta orang.

Dalam dokumen Kementerian Keuangan dituliskan skema yang berlangsung sekarang akan menjadi beban berat APBN pada periode 5-10 tahun ke depan.

Meski demikian, PNS tidak perlu khawatir. Pemerintah menyusun skema yang baru atau disebut dengan iuran pasti alias fully funded, uang pensiunan yang diterima PNS akan lebih besar, karena iuran yang dikenakan adalah persentase dari take home pay (THP) yang jumlahnya lebih besar.

Skema fully funded selain diambil dari persentase THP, pembayarannya juga akan dibayarkan patungan antara PNS dan pemerintah sebagai pemberi kerja. Dengan skema pensiunan fully funded tersebut, maka bukan hal yang mustahil, pensiunan PNS bisa kantongi Rp 1 miliar.

"Jadi, harus di-combain dengan define contribution. Karena juga ASN yang bukan PNS atau PPPK bisa saja ngiur untuk dapat JHT, seperti di korporasi. Ini sudah mengerucut ke sana," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-Siap! Pensiunan PNS Dapat Rp 1 M Bakal Dimulai 2023


(cap/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading