Kebiasaan Ini Haram Bagi Orang Kaya

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
13 February 2022 17:00
Fakta! 10 Orang ini Justru Makin Kaya Selama Pandem

nol - Orang-orang sukses erat kaitannya dengan harta kekayaan yang mereka miliki. Beberapa ada yang didapat melalui privilege sosial, beberapa ada yang bekerja keras dari 0. Meski begitu, ada satu persamaan yang mereka miliki, yakni pola hidup.

Untuk mempertahankan kesuksesan dan kekayaan mereka, integritas mereka dalam menjalani hidup pasti sangat diperhatikan. Ada beberapa kebiasaan yang mereka lakukan agar tetap berada 'di atas', apa saja itu.


1. Tidak Belanja Lebih dari Kebutuhan

Orang sukses biasanya memilih untuk menghabiskan uangnya untuk perputaran pendapatan bisnis atau pekerjaannya, serta untuk pengembangan bakat dan diri. Tentunya mereka juga menghabiskan uang dengan perhitungan yang matang. Tak hanya itu, mereka lebih fokus pada pendapatan dibandingkan menghabiskan uang untuk kesenangan sesaat.

2. Tidak Ghibah

Selain merugikan, ghibah atau membicarakan orang lain di belakang membuang waktu sia-sia, terutama untuk para kaum sukses. Mereka menggunakan waktu mereka untuk sesuatu yang lebih berguna. Jika pun mereka membicarakan kesalahan orang lain, itu demi menjadi pelajaran bagi kesuksesannya kelak.

3. Tidak Meninggalkan Warisan

Meninggalkan warisan kepada anak dan cucu bukanlah kebiasaan yang dilakukan orang kaya. Bill Gates dan Mark Zuckerberg adalah contohnya. Mereka mengatakan bahwa mereka ingin anak mereka menemukan jalan mereka tanpa mengandalkan warisan. Kedua orang kaya itu lebih memilih memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

4. Tidak Membeli Barang Mewah

Meski memiliki banyak uang, orang kaya tetap memperhitungkan uang yang mereka belanjakan agar hidupnya tetap terstruktur dengan baik. Mereka hanya memikirkan apa yang akan dibeli dan manfaat apa yang mereka dapatkan. Pendiri IKEA, Ingvar Kamprad menjadi contohnya. Ia hanya menggunakan produk pasar loak sebagai contoh yang baik. Sementara itu, Bill Gates juga masih memakai jam tangan senilai US$10.

5. Tidak Memiliki Banyak Kartu Kredit

Tom Corley, penulis buku "Rich Habits: The Daily Habits of Successful People" mengungkapkan fakta unik kepada US News and World Report. Menurut dia, hanya delapan persen orang kaya yang menggunakan lebih dari satu kartu kredit. Sedangkan, 77 persen orang yang kurang mampu memiliki banyak kartu kredit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bezos Lengser! Ini 10 Orang Terkaya Dunia Terbaru di 2021


(dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading