Internasional

Gokil RI! Habis Prancis, AS Setuju Jual Jet F-15 Rp 200 T

News - sef, CNBC Indonesia
11 February 2022 06:30
Jet tempur F-15 milik Angkatan Udara Jepang (via REUTERS/KYODO)

Jakarta, CNBC Indonesia - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyetujui potensi penjualan 36 jet tempur F-15 ke RI. Nilainya diyakini mencapai US$ 14 miliar atau sekitar Rp 200 triliun (Rp 14.344/US$).

Mengutip AFP, penjualan juga akan termasuk peralatan militer lainnya. Dalam sebuah pernyataan, penjualan diusulkan untuk meningkatkan keamanan mitra regional penting, guna stabilitas dan kemajuan ekonomi di kawasan Asia Pasifik.


Tak disebutkan dalam keterangan, apakah hal ini terkait, kekhawatiran AS pada ekspansi China di kawasan. "Tidak akan mengubah keseimbangan dasar militer di kalasan itu," kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

Isu pembelian F-15 sebelumnya memang santer terdengar tahun lalu. Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sempat mengatakan proses negosiasi tengah dilakukan.

"F-15 kita masih dalam tahar negosiasi," ujarnya Januari lalu usai Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Tahun 2022 di Kemenhan.

Jenis F-15 yang akan dibeli adalah F-15EX. Jet tempur ini adalah buatan Boeing, yang declaim lebih modern karena memiliki sistem peperangan elektronik.

Sementara itu, Kamis (10/2/2022), RI sendiri telah resmi menyepakati pembelian 42 jet tempur Rafale buatan Dassault Aviation Prancis senilai US$ 8,1 miliar. Kontrak pertama dilakukan dengan membeli enam pesawat.

"Kita akan mengakusisi 42 pesawat Rafale. Mulai hari ini kontrak pertama untuk enam pesawat yang akan disusul dalam waktu dekat untuk 36 pesawat dengan dukungan latihan persenjataan dan simulator yang dibutuhkan," kata Prabowo saat memberikan keterangan ke wartawan bersama Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly kemarin.

Pembelian ini mendapat perhatian khusus dari Presiden Prancis Emmanuel Macron. Dalam Twitternya, ia menyambut baik keputusan RI untuk "memilih keunggulan industri Prancis".

"Memperkuat kemitraan kami," cuitnya merujuk kesepakatan Rafale kedua negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Top Prabowo! Selangkah Lagi RI Dapat Jet Tempur Baru


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading