BPS Pastikan Ekonomi RI Kuartal I-2022 Positif

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
07 February 2022 14:25
cover topik/RI Keluar Dari Resesi Ekonomi_Konten

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia berhasil mencatatkan kinerja yang baik di kuartal IV 2021. Setelah pada kuartal III mengalami perlambatan akibat varian delta.

Dari data BPS, di kuartal IV 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia berhasil tercatat 5,02%. Ini lebih baik dibandingkan kuartal IV-2020 yang minus 2,17%. Bahkan lebih baik dibandingkan kuartal IV 2019 sebelum ada Covid-19 yang tercatat 4,96%.


Lalu bagaimana dengan kuartal I-2022 yang kembali ada lonjakan covid-19 varian Omicron?

Kepala BPS Margo Yuwono menyebutkan, meski ada lonjakan kasus dari varian Omicron, namun aktivitas masyarakat lebih baik dibandingkan munculnya carian delta pada kuartal III-2021. Sehingga kuartal I-2022 diprediksi masih akan tumbuh positif.

Namun, seberapa kuat pertumbuhannya belum bisa diprediksi. Sebab, masih harus melihat kondisi seberapa besar lonjakan varian Omicron.

"Jadi terkait dengan proyeksi ekonomi di triwulan 1, apakah positif? iya. Tapi seberapa tumbuh positif, kami belum bisa mengkonfirmasi," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (7/2/2022).

Menurutnya, saat ini sektor kesehatan menjadi faktor penting penentu perekonomian Indonesia. Sehingga protokol kesehatan masih menjadi keharusan karena ini juga menjadi penentu kebijakan pemerintah ke depan.

"Jadi tergantung bagaimana pemerintah dan kita semua itu berkontribusi untuk memutus mata rantai Covid-19, sehingga kasus harian menurun, mobilitas penduduk bagus. Itu akan pengaruh ke kondisi ekonomi ke depan. Jadi peran kita sama kesehatan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekonomi RI Kuartal III-2021 Tumbuh 3,51%


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading