Ada Cuaca Ekstrem, Pemkot Malang Mitigasi Bencana

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
05 February 2022 15:54
Walikota Malang Sutiaji

Jakarta, CNBC Indonesia - Wali Kota Malang Sutiaji meminta masyarakat hati-hati dan waspada terhadap adanya cuaca ekstrem yang menyebabkan hujan deras disertai angin kencang. Dia juga meminta instansi terkait agar aktif menyebarluaskan informasi tentang cuaca ekstrem yang terjadi beberapa bulan ini.

"Sebenarnya cuaca di Kota Malang sudah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Nanti melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang bisa menyebarluaskan informasi tersebut," ujar Sutiaji dalam siaran resmi, Sabtu (5/2/2022).

Dia mengharapkan bentuk informasi yang diberikan bisa berupa infografis atau sejenisnya untuk memudahkan masyarakat memahami informasi tersebut. Tujuan akhirnya adalah meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


"Kami coba untuk melakukan mitigasi bencana dengan lebih baik. Supaya tidak ada korban akibat adanya bencana yang kita tidak tahu kapan datangnya," sambungnya.

Sebagai pengalaman, kata dia, di wilayah Kecamatan Blimbing pernah tiba-tiba ada angin puting beliung yang luar biasa hingga menimbulkan korban jiwa. Selain itu, ada juga pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang.

"Saya minta Pak lurah dan Pak RW, kalau ada pohon-pohon yang kondisinya memprihatinkan untuk dilakukan penanganan. Jika memang ada hubungannya dengan Pemerintah Kota Malang, segera hubungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," terang Sutiaji.

Selain kewaspadaan terhadap bencana alam, dia juga meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat di Kota Malang mencatat tren kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 beberapa waktu terakhir.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Strategi Pemerintah Daerah Cegah Covid-19 Gelombang ke-3


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading