Tentang Titik Nol IKN, Apakah Jadi Lokasi Istana Presiden?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
03 February 2022 15:18
Desaiin Garuda Istana Negara Ibu Kota Baru (Instagram/@Jokowi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan dan pemindahan ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur pada tahap satu akan dimulai di tahun ini. Disebut-sebut Istana Kepresidenan akan dibangun di titik nol, benarkah?

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monarfa menjelaskan, grand design IKN Nusantara telah disiapkan dan tinggal menunggu aturan turunan dari Undang-Undang IKN untuk pelaksanaan di lapangan.


Suharso pun menepis, istana negara di IKN Nusantara tidak akan dibangun di titik nol. Titik nol di IKN, kata dia merupakan titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut.

"Itu akan menjadi referensi, berapa ketinggiannya dari titik nol, itu bukan berarti istana dibangun di titik nol. Dia (istana negara) agak ke atas, dan gedung DPR/MPR di sayap kanan," jelas Suharso dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Kamis (3/2/2022).

IKN (Dok: PUPR)Foto: IKN (Dok: PUPR)
IKN (Dok: PUPR)

Seperti diketahui, pembangunan wilayah IKN Nusantara terbagi atas tiga wilayah perencanaan. Diantaranya titik nol pembangunan IKN, lokasi istana negara, lokasi kompleks MPR/DPR, dan DPD RI. Hingga bendungan Sepaku Semoi.

Suharso juga menjelaskan, bahwa pembangunan IKN Nusantara akan dilakukan secara bertahap. "Yang penting ketersediaan air dengan dibangunnya Dam Sepaku Semoi dan jalan logistik," imbuhnya.

Adapun kawasan pengembangan IKN atau KP IKN memiliki luas wilayah kurang lebih 199.962 hektar. Kemudian untuk kawasan IKN sendiri berada di wilayah dengan luas 56.180 hektar.

Selanjutnya kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) yang merupakan bagian dari kawasan IKN akan dibangun di atas tanah dengan luas 6.671 hektar.

IKN (Dok: PUPR)Foto: IKN (Dok: PUPR)
IKN (Dok: PUPR)

Sebagai Informasi, pembangunan dan pemindahan IKN pada tahap satu akan berlangsung pada 2022 hingga 2024, dengan fokus pada pembangunan infrastruktur dasar, sarana utama, pemindahan ASN termasuk TNI/Polri, inisiasi sektor-sektor ekonomi, dan kepindahan Presiden ke KIPP sebelum 16 Agustus 2024.

Secara administratif, IKN terletak di dua kabupaten, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara (Kecamatan Penajam dan Sepaku) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Muara Jawa, dan Samboja).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Perang Terbuka! Ini Ancaman Serius RI di IKN Nusantara


(cap/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading