Asyik! Tol Terpanjang Nyambung ke Bandung Dibangun Akhir 2022

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
31 January 2022 20:28
Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi - Pamulihan (Dok. Humas Jbar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Calon tol terpanjang di Indonesia yaitu ruas Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (206,65 km) akan tersambung tol dalam kota Bandung (Bandung Intra Urban Toll Road/BIUTR) juga tol Padaleunyi.

Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) Jo Mancelly, menjelaskan proses pembangunan calon tol terpanjang ini akan berlangsung dua tahap pembangunan.

Tahap pertama yakni dimulai dari Junction Gedebage simpang susun (SS) Tasikmalaya sepanjang 94,22 km. Nantinya konstruksi tahap pertama dimulai pada akhir 2022 dan rampung pada 2024.


Sementara untuk tahap kedua yaitu seksi 3 dan 4 dimulai dari SS Tasikmalaya - SS Cilacap 112,43 km. Termasuk jalan utama sepanjang 1,3 km pada seksi 1.Dimana jalan utama itu akan terkoneksi dengan rencana Jalan tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

"Dimana main road tersebut ditargetkan dibangun bersamaan saat Jalan Tol BIUTR konstruksi atau selambat-lambatnya pada tahap kedua konstruksi Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap," katanya dalam pernyataan Senin (31/2).

Pembangunan konstruksi untuk tahap dua sendiri ditargetkan mulai pada akhir 2027 dan rampung pada 2029.

Jo menjelaskan, Dalam pembangunannya, direncanakan terdapat 10 buah simpang susun dan 1 buah junction, yaitu Junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Padaleunyi dan rencana Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road.

Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan dibangun dengan 2x2 lajur, yang lebar tiap lajurnya sebesar 3,6 m serta akan dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 175,27 km, struktur elevated sepanjang 22,26 km, serta pile slab sepanjang 9,12 km di daerah Gedebage.

Untuk diketahui, Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap tergabung dalam Proyek Strategis Nasional dan mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur.

Pembangunan jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas, kegiatan ekonomi, semakin melancarkan distribusi barang dan jasa hingga pengembangan industri dan pariwisata di koridor selatan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! Selatan Jawa Mulai 'Dibelah', Bermunculan Tol Baru!


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading