Jokowi: Sudah Terlalu Lama PNS Terbelenggu Birokrasi Feodal

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 January 2022 19:21
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Membeerikan Keterangan Pers terkait Perkembangan Covid-19, Istana Bogor, Jumat (28/1/2022). (Tangkapan Layar Yotube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) alias Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini sudah terlalu lama berada di zona nyaman.

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam Munas ke-9 Korpri, Jokowi mengatakan bahwa hal tersebut merupakan warisan dari birokrasi feodal alias pemerintahan di kalangan bangsawan.

"Sudah sangat lama ASN berada pada zona nyaman, terbelenggu oleh warisan budaya birokrasi feodal sehingga menjadikan ASN kurang produktif," kata Jokowi, Jumat (28/1/2022).


Jokowi menegaskan bahwa budaya seperti itu harus diubah. Menurutnya, para abdi negara di tiap instansi pemerintahan harus keluar dari zona nyaman di era perubahan seperti saat ini.

"Budaya ini harus berubah total. ASN Indonesia harus ke luar dari zona nyaman menjadi modern dan profesionalitas," kata Jokowi.

Jokowi menilai, birokrasi bukan hanya harus hadir di tengah masyarakat, namun kehadirannya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Menurutnya, itu menjadi kewajiban para abdi negara.

"Ini penting. Memberikan solusi pada persoalan masyarakat, sehingga melindungi, mengayomi dan memenuhi hak masyarakat sesuai dengan amanah konstitusi," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Asyik, Ada Tunjangan Baru untuk PNS dari Jokowi Nih


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading