Hore! Sebentar Lagi Masuk Tol Tanpa Buka Kaca, Cukup Pakai HP

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
28 January 2022 09:45
Gerbang Tol Palimanan (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai mempersiapkan sistem pembayaran tol tanpa buka kaca atau Multi Lane Free Flow (MLFF). Nantinya pembayaran tol akan menggunakan aplikasi khusus di smartphone atau telepon seluler. Hasil kerja sama Indonesia - Hungaria yang menggelontorkan investasi hingga Rp4,5 triliun.

Sistem MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS), jadi proses pembayaran transaksi di jalan tidak perlu lagi membuka kaca dan melakukan taping.

"Transaksi pembayaran jalan tol melalui aplikasi khusus di smartphone. GPS akan menentukan lokasi dan proses map - matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol sistem akan melakukan kalkulasi tarif jelas dalam Instagram @kemenpupr, Kamis (27/1/2022).


Sistem ini merupakan hasil kerja sama bilateral Indonesia dengan Hungaria. Dimana pemerintah Hungaria menginvestasikan Rp4,5 triliun dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Teknologi ini juga telah sukses diterapkan di Hungaria selama lebih dari tujuh tahun terakhir.

Tahun lalu Roatex Ltd. Zrt. telah ditetapkan sebagai pemenang lelang pelaksana sistem MLFF di Indonesia. Saat ini Roatex Ltd. Zrt. telah membentuk perusahaan sebagai Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis MLFF dengan nama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Fenomena Lalu Lintas Mobil di Tol Mulai Pulih, Tanda Apa?


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading