Aturan Masuk Mal di Jabodetabek, Simak Dulu Sebelum Kongkow!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 January 2022 12:20
Petugas memberikan informasi scan code vaksin kepada pengunjung yang akan masuk ke dalam Mal Blok M Plaza, Jakarta, Selasa (10/8/2021). Pemerintah mengumumkan kembali memperpanjang PPKM hingga 16 Agustus 2021. Dalam perpanjangan kali ini pusat perbelanjaan atau mal di wilayah PPKM level 4 bisa dibuka dalam kapasitas 25%.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, terhitung sejak hari ini Selasa 25 Januari hingga 31 Januari 2022 mendatang.

Perpanjangan PPKM diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 05/2022, seperti dikutip CNBC Indonesia melalui salinan aturan tersebut, Selasa (25/1/2022).

Dalam salinan tersebut, setidaknya ada beberapa ketentuan yang wajib diketahui para masyarakat yang ingin bepergian atau sekedar 'kongkow' di mal sekitar Jabodetabek yang masuk dalam kategori PPKM level 2.


Kegiatan pada pusat perbelanjaan atau mal di Jabodetabek sendiri dibuka dengan kapasitas maksimal 50% sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan sejumlah ketentuan.

Misalnya, anak usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk ke mal namun dengan syarat didampingi oleh orang tua. Adapun tempat bermain anak di di mal dibuka dengan syarat orang tua harus mencatatkan alamat dan nomor telepon.

Bellabot, robot pesan-antar makanan sedang diujicoba di area Food Temptation Mal Kelapa Gading Jakarta, Senin (24/1/2022). Penggunaan robot ditujukan mempermudah mitra driver saat menggunakan fitur order sekaligus sehingga cukup mengambil pesanan di satu titik pengumpulan (pick up point) dan mengurangi antrean. Layanan pesan antar makanan GoFood memperkenalkan teknologi robot otomatis untuk mendukung pemesanan makanan melalui fitur Order Sekaligus. Inovasi ini menempatkan GoFood sebagai perusahaan pertama yang memanfaatkan Sistem Kendaraan Tak Berawak (unmanned vehicle system/UVS) untuk layanan pesan antar makanan di Indonesia. Robot Otomatis yang digunakan ini berfungsi mengonsolidasi pesanan dalam fitur GoFood Order Sekaligus dari berbagai mitra UMKM yang berada di area Food Temptation MKG. Setelah itu, robot akan menyerahkan pesanan ke gerai kasir sebagai titik pengumpulan. Pesanan yang sudah selesai kemudian bisa diambil mitra pengemudi untuk diantar ke alamat para pemesan. Diharapkan hadirnya inovasi ini juga dapat mempermudah mitra pengemudi dalam mengambil pesanan Order Sekaligus. Order Sekaligus sendiri adalah salah satu fitur GoFood yang memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi melalui satu pengiriman. Fitur Order Sekaligus kini bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Hingga pertengahan 2021, ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat 8 kali sejak diperkenalkan pada September 2020.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)Foto: Robot Pengantar makanan (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Bellabot, robot pesan-antar makanan sedang diujicoba di area Food Temptation Mal Kelapa Gading Jakarta, Senin (24/1/2022). Penggunaan robot ditujukan mempermudah mitra driver saat menggunakan fitur order sekaligus sehingga cukup mengambil pesanan di satu titik pengumpulan (pick up point) dan mengurangi antrean. Layanan pesan antar makanan GoFood memperkenalkan teknologi robot otomatis untuk mendukung pemesanan makanan melalui fitur Order Sekaligus. Inovasi ini menempatkan GoFood sebagai perusahaan pertama yang memanfaatkan Sistem Kendaraan Tak Berawak (unmanned vehicle system/UVS) untuk layanan pesan antar makanan di Indonesia. Robot Otomatis yang digunakan ini berfungsi mengonsolidasi pesanan dalam fitur GoFood Order Sekaligus dari berbagai mitra UMKM yang berada di area Food Temptation MKG. Setelah itu, robot akan menyerahkan pesanan ke gerai kasir sebagai titik pengumpulan. Pesanan yang sudah selesai kemudian bisa diambil mitra pengemudi untuk diantar ke alamat para pemesan. Diharapkan hadirnya inovasi ini juga dapat mempermudah mitra pengemudi dalam mengambil pesanan Order Sekaligus. Order Sekaligus sendiri adalah salah satu fitur GoFood yang memungkinkan pelanggan memesan makanan/minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi melalui satu pengiriman. Fitur Order Sekaligus kini bisa dimanfaatkan di 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Hingga pertengahan 2021, ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat 8 kali sejak diperkenalkan pada September 2020. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Pencantuman alamat dan nomor telepon dilakukan untuk kebutuhan tracing

"Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan," tulis salinan Inmendagri tersebut.

Sementara itu, bioskop di mal juga dapat beroperasi dengan ketentuan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua
pengunjung dan pegawai dengan kapasitas maksimal 70%.

"Dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan," tulis salinan Inmendagri.

Adapun anak usia di bawah 12 tahun diizinkan masuk dengan syarat didampingi orang tua.

Untuk restoran makan di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat dengan kapasitas maksimal 50%, dan waktu maksimal 60 menit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! Ribuan Orang Positif Covid Beredar di Mal Cs


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading