Ramalan Luhut: Kasus Omicron Akan Terus Meningkat!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 January 2022 14:42
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Memberikan Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Rapat Terbatas “Evaluasi PPKM

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memperkirakan kasus Covid-19 varian Omicron akan terus mengalami peningkatan, jika berkaca dari trayektori kasus di Afrika Selatan.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai rapat terbatas evaluasi pelaksanaan PPKM, Senin (24/1/2022).

"Pemerintah memperkirakan kasus akan terus meningkat," kata Luhut.


Luhut menyebut kasus Covid-19 di Jawa - Bali memang mengalami peningkatan yang cukup masif. Hal tersebut didorong oleh varian Omicron yang disebut-sebut memiliki kemampuan menular lebih cepat.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat, kasus aktif per kemarin bertambah menjadi 1.217 orang. Sehingga, total kasus di kawasan Ibu Kota kini mencapai 9.057 orang.

Adapun kasus positif Omicron di Jakarta tercatat 1.313 orang, di mana 854 orang di antaranya memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri, dan sisanya adalah kasus transmisi lokal.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan kemarin, tambahan kasus positif di DKI Jakarta mencapai 1.739 orang. Rinciannya 1.460 orang teridentifikasi sebagai kasus transmisi lokal.

"Namun satu hal yang kami temukan, tingkat kematian aktual di DKI lebih rendah dari proyeksi yang kami lakukan dengan menggunakan trajektori Afrika Selatan. Menurut kami tingkat vaksinasi yang lebih tinggi dibandingkan Afrika Selatan menjadi faktor pembeda," tegasnya.

Maka dari itu, pemerintah akan meningkatkan tingkat vaksinasi umum dan masyarakat lanjut usia di Jawa - Bali. Saat ini, tingkat vaksinasi umum sudah mencapai 91%, sementara 75% untuk dosis 1 lansia.

"Selain itu vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 anak di Jawa-Bal juga meningkat dengan cepat. Tingkat vaksinasi dosis 1 anak di Jawa-Bali telah mencapai 69% dan dosis 2 juga sudah mulai meningkat," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Bawa Kabar Gak Enak Soal Covid Omicron RI, Berani Baca?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading