Liburan Usai, Kasus Omicron Naik! Sri Mulyani Makin Deg-degan

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
24 January 2022 12:01
KOMISI XI DPR RI RAPAT KERJA DENGAN MENTERI KEUANGAN RI, SRI MULYANI (Tangakapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui kenaikan kasus Covid-19 kembali terjadi sejak munculnya varian Omicron. Sehingga kasus yang tadinya sudah melandai di bawah 200 per hari naik menjadi tembus 1.000 per harinya.

Oleh karenanya, pemerintah sudah mengambil ancang-ancang untuk mengantisipasi kenaikan kasus seperti sebelumnya saat terjadi varian delta. Di mana, pada kala itu kasus mencapai puncak 56 ribu per hari.


"Saat ini kita meningkatkan kewaspadaan dengan kenaikan jumlah omicron yang mulai terjadi transmisi karena adanya orang baru datang dari luar negeri," ujarnya dalam rapat kerja dengan DPD RI, Senin (24/1/2022).

Saat ini, koordinasi di internal pemerintah pun makin ditingkatkan. Sebab, pemerintah tidak ingin kejadian akibat varian delta kembali terjadi, karena begitu terjadi lonjakan kasus maka kapasitas rumah sakit, tenaga kesehatan hingga masker oksigen harus dipersiapkan dengan baik.

"Untuk itu pemerintah, Presiden setiap minggu selalu ada sidang kabinet rutin untuk melihat dan mengevaluasi penanganan Covid-19 dan pelaksanaan PPKM," kata dia.

Kewaspadaan terutama ditingkatkan dari munculnya varian Omicron transmisi luar negeri. Dimana banyak masyarakat yang melakukan perjalanan luar negeri pada liburan Natal dan Tahun Baru, meski sudah diimbau oleh pemerintah untuk tetap tinggal di Indonesia.

"Walaupun pemerintah sudah menghimbau masyarakat tidak keluar negeri namun tetap ada yang keluar negeri dan sekarang ini mereka arus baliknya itu pada awal Januari hingga pertengahan ini, sehingga kalau kita lihat kasus bawaan dari luar negeri mulai men-trigger terjadinya kasus lokal," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani: Kami Sangat Waspadai Covid Omicron


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading