Jokowi: Kita Sudah Berpuluh Tahun Nyaman dengan Impor!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 January 2022 10:33
Presdien Joko Widodo (Jokowi) Saat Groundbreaking Proyek Hilirisasi Batu Bara Menjadi Dimetil Eter, Kab. Muara Enim, Senin (24/1/222). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menyaksikan groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter (DME) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Berbicara saat memberikan pengarahan, Jokowi menegaskan bahwa pembangunan proyek ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah dari olahan sumber daya alam.

"Alhamdulillah meski dalam jangka pendek belum bisa dimulai, Alhamdulillah bisa kita mulai hari ini," kata Jokowi, Senin (24/1/2022).


Jokowi menegaskan bahwa perintah untuk melakukan hilirisasi batu bara telah diinstruksikan sejak 2016 lalu. Namun, Jokowi mengakui bahwa Indonesia selama ini sudah terlalu lama berada di zona nyaman.

"Kita ini sudah berpuluh-puluh tahun nyaman dengan impor. Ada nyaman dengan impor. Memang duduk di zona nyaman itu paling enak. Impor-impor, enggak berpikir bahwa negara itu dirugikan, rakyat dirugikan karena enggak terbuka lapangan pekerjaan," jelasnya.

Jokowi mengatakan upaya melakukan hilirisasi diharapkan dapat menekan angka impor. "Ini yang kita kejar, selain kita bisa perbaiki neraca perdagangan kita, neraca transaksi berjalan kita karena kita enggak impor," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Resmikan Proyek Hilirisasi Batu Bara Sumsel Hari Ini


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading