Melihat Lagi Keluhan Gejala 2 Pasien Omicron yang Meninggal

News - Monica Ramadhona Wareza, CNBC Indonesia
23 January 2022 06:20
Petugas kesehatan memeriksa pasien Covid-19 diruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Koja, Jakarta, Senin (30/8/2021). Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Koja terus menurun dengan peningkatan pasien sembuh.  
Diruangan IGD hanya ada tiga pasien Covid-19 yang sedang ditangani lebih lanjut.  
Di ruangan bayi terisi dua bayi berada didalam inkubator dengan penanganan khusus dari para nakes.
Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kasus konfirmasi positif Covid-19 di tanah air hari ini bertambah 5.436 kasus, menurun dibandingkan dengan sehari sebelumnya 7.427 kasus. 
Dengan pertambahan ini maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 4,079 juta.
Sementara, jumlah pasien sembuh bertambah 19.398 orang pada hari ini, sehingga total kasus sembuh menjadi 3.743.716. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Pasien Covid-19 di RSUD Koja (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan mengumumkan ada dua pasien terinfeksi Omicron di Indonesia yang meninggal dunia pada Sabtu (22/1/2022).

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengemukakan kedua kasus tersebut merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian baru yang disebut memiliki daya tular lebih tinggi.

"Kedua pasien tersebut memiliki komorbid," kata Nadia dalam keterangan resmi, seperti dikutip Minggu (23/1/2022).


Nadia mengemukakan satu kasus meninggal dunia merupakan kasus transmisi lokal, meninggal di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat. Sementara satu lainnya adalah pelaku perjalanan luar negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso.

Mengutip detik.com, gejala Covid-19 yang dikeluhkan kedua pasien tersebut termasuk kategori berat. Apalagi, mereka memang terdeteksi memiliki komorbid alias penyakit bawaan.

"Mengeluh sesak napas," kata Nadia.

Nadia sendiri menyebut bahwa keduanya belum sempat dirawat di ruang ICU. Meski demikian, selama masa perawatan, kedua pasien tersebut sudah mendapatkan tambahan oksigen.

"Belum di ICU tapi sudah pakai oksigen karena saturasi rendah," kata Nadia.

Hingga kemarin, terjadi penambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 3.205, di mana kasus sembuh sebanyak 627, dan 5 kasus meninggal akibat terpapar Covid-19.

Kenaikan kasus baru konfirmasi merupakan implikasi dari peningkatan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia, di mana sejak 15 Desember hingga saat ini secara kumulatif tercatat 1.161 kasus konfirmasi Omicron ditemukan di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gejala Omicron Mirip Flu & Pilek, Tapi Jangan Anggap Remeh!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading