BI Ramal Ekonomi RI Tahun Ini Bisa Tumbuh Sampai 5,5%

News - Lidya Julita Sembiring-Kembaren, CNBC Indonesia
20 January 2022 14:22
Gubernur BI Perry Warjiyo, pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulanan Bulan Januari 2022 Cakupan Tahunan. (Tangkapan Layar Youtube BI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) memperkirakan ekonomi nasional pada 2021 tumbuh dalam kisaran 3,2-4%. Tahun ini, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan lebih tinggi lagi.

"Pada Desember mengindikasikan akselerasi perekonomian, antara lain mobilitas masyarakat, penjualan eceran, dan keyakinan konsumen. Pertumbuhan ekonomi 2021 diperkirakan berada di kisaran 3,2-4%," ungkap Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) edisi Januari 2022, Kamis (20/1/2022).

Untuk 2022, lanjut Perry, ekonomi Tanah Air diperkirakan tumbuh 4,7-5,5%. Pertumbuhan ekonomi akan ditopang oleh peningkatan konsumsi swasta dan investasi di tengah belanja pemerintah yang terjaga dan surplus neraca perdagangan.


"Peningkatan kasus Covid-19 tetap perlu diwaspadai. Namun mobilitas akan meningkat sejalan akselerasi vaksinasi, pembukaan ekonomi lebih luas, dan kinerja lapangan usaha utama seperti industri pengolahan, perdagangan, dan pertanian. Perbaikan ekonomi secara spasial akan meningkat di seluruh wilayah, terutama Jawa, Sumatera, Bali, dan Nusa Tenggara," jelas Perry.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BI Pede Ekonomi Kuartal IV-2021 Tumbuh di Atas 4,5%


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading