Bye Jakarta! Ini Dia Penampakan Ibu Kota Baru Idaman Jokowi

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
19 January 2022 11:41
Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur  (Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)(Tangkapan Layar Instagram @nyoman_nuarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Akhirnya Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara resmi menyetujui Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menjadi UU.

Setelah UU ini, secara hukum Ibu kota Indonesia saha jadi pindah ke Kalimantan Timur. Namun, sebelum pengesahan UU ini, segala persiapan sudah mulai dilakukan termasuk rancangan desain khususnya Istana Negara di Ibu Kota Baru. Hal ini setidaknya menggambarkan wajah ibu kota baru nantinya.

Istana dan kantor presiden rencananya merupakan bangunan pertama yang akan dibangun di ibu kota baru, disusul dengan gedung-gedung pemerintahan lainnya.


"Alhamdulilah, Astungkare UU IKN TELAH SAH," kata Nyoman Nuarta, perancang desain Istana ibu kota baru dalam akun Instagramnya, dikutip Rabu (19/1).

ibu kota baru (PUPR)Foto: ibu kota baru (PUPR)
ibu kota baru (PUPR)

Nama Nyoman mencuat terkait pemindahahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.  Progres rancangan pra desain kantor presiden dan Istana Negara yang baru sudah final.

Nyoman Nuarta sempat menampilkan desainnya dengan menampilkan render-render dari desain Istana Ibu Kota Baru. Namun, kini Nyoman menampilkan rancangan final pra desain Istana Negara.

Dalam akun Instagramnya, ia sering menampilkan simbol Garuda pada rancangan Istana Negara di Ibu Kota Baru.

Nyoman merupakan sosok di balik patung GWK yang telah dibangun sejak tahun 1990. Dia mengatakan seperti rancangan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang dibuatnya, dia memastikan rancangan Istana Presiden ini sudah memastikan segala aspek karena ia berkolaborasi dengan ahli-ahli di bidang terkait.

Namun, dari rancangan yang megah itu, saat ini lokasi titik nol ibu kota baru masih hamparah tanah kosong dan hutan. Di beberapa momen, menteri-menteri Jokowi seperti Sri Mulyani hingga Basuki Hadimoeljono mendatangi tugu cor tiitk awal ibu kota baru.

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi titik NOL lokasi rancangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi Penajam Paser Kalimantan Timur. (Tangkapan Layar via Instagram @smindrawati)Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi titik NOL lokasi rancangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi Penajam Paser Kalimantan Timur. (Tangkapan Layar via Instagram @smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi titik NOL lokasi rancangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di lokasi Penajam Paser Kalimantan Timur. (Tangkapan Layar via Instagram @smindrawati)

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ibu Kota akan Pindah, Nasib Gedung Pemerintah di DKI Gimana?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading