Jokowi Tiba-Tiba Akui Proyek Kereta Cepat Lagi Ada Masalah!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 January 2022 15:43
Keterangan Pers Presiden RI, Jokowi Setelah Meninjau Pintu Masuk Tunnel 2 Proyek KCJB, 17 Januari 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini berkesempatan meninjau terowongan 2 proyek mega infrastruktur Kereta Cepat Jakarta - Bandung di Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam sebuah video yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi yang didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui bahwa pembangunan proyek tersebut tengah menghadapi masalah.

"Utamanya di terowongan II yang memang di sini ada masalah yang harus kita selesaikan," kata Jokowi di sela peninjauan, Senin (17/1/2022).


Proyek pembangunan terowongan II memang dikabarkan melewati kondisi tanah lempung yang sangat gembur, sehingga gampang runtuh atau berpotensi menimbulkan pergerakan. Jokowi menilai, pembangunan memang harus dilakukan dengan hat-hati.

"Memang berjalannya agak lambat karena jenis tanah yang ada di sini memang memerlukan kerja yang penuh kehati-hatian," katanya.

Jokowi mengatakan secara keseluruhan proyek ini telah diselesaikan 79,9%, dan diharapkan pada akhir 2022 sudah bisa melakukan uji coba. Jokowi berharap, kereta ini bisa dioperasionalkan pada Juni 2023 mendatang.

"Harapan kita dengan selesainya kereta cepat Jakarta Bandung ini akan mengurangi kemacetan, baik yang ada di Halim, maupun di Bandung, juga mempercepat mobilitas orang dan juga barang dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing bagi negara kita," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Bertolak ke Jabar, Cek 'Isi Perut' Proyek KCJB


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading