Harga Lebih Murah, Fitur Canggih Avanza Bikin Fortuner Keok!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
15 January 2022 17:50
Pengunjung melihat mobil Toyota Avanza terbaru di Dealer Auto 2000 Sudirman, Jakarta, Rabu, 24/11. Persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander terjadi di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021 pada 11-21 November 2021 di ICE BSD kemarin. Selama pameran, keduanya menjadi mobil terlaris yang dipesan konsumen dari masing-masing agen tunggal pemegang merek (ATPM).
Berdasarkan catatan Toyota Astra Motor (TAM), All New Avanza dan All New Veloz laku ribuan, memberikan kontribusi terbesar mencapai 1.534 unit, dengan masing-masing 711 unit dan 823 unit, atau sebesar 34% dari total seluruh model Toyota.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota sudah merilis dua varian mobil baru SUV yakni New Toyota Fortuner secara virtual pada Kamis (13/1/2022). Fortuner bukan nama asing, jenis mobil ini cukup digandrungi di Indonesia.

Namun ada satu hal yang tidak dimiliki mobil Fortuner ini ketimbang Toyota Avanza atau yang dikenal dengan mobil sejuta umat. Sehingga pemilik Avanza bisa berbangga dengan hal ini.

Lantas apa yang tidak dimiliki?


Fortuner tidak memiliki fitur TSS atau Toyota Safety Sense, sementara fitur ini dimiliki oleh Toyota Avanza.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan Fortuner lebih membutuhkan mesin bertenaga besar ketimbang fitur itu.

"Demand lebih banyak kepada engine power, jadi peningkatan power engine jadi prioritas dari pengembangan," katanya dalam konferensi pers, (13/1/2022).

Meski begitu Anton mengatakan tidak menutup kemungkinan nantinya fitur TSS itu akan dimasukan ke Fortuner. "Kami pelajari dulu kebutuhan konsumen, jadi nanti akan kami kembangkan keinginan tersebut," jelasnya.

Toyota sendiri memperbaharui kapasitas mesin lebih jumbo menjadi 2.800 cc dari sebelumnya hanya dua mesin yakni 2.400 cc dan 2.700 cc.

All New Toyota Fortuner dibanderol di atas Rp500 juta per unit. Dimana dapur pacu dari mesin diesel terbaru dibekali Variable Nozzle Turbo atau VNT, sehingga bisa menghasilkan 201 daya kuda dan torsi 500 Newton meter. Khusus mobil dengan kapasitas mesin ini tersedia dua tipe penggerak yakni dua dan empat roda. Mesin ini berpadu dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Mesin baru ini tersedia untuk varian Toyota Fortuner VRZ A/T, serta GR Sport yang merupakan versi sporty dan dihadirkan dengan label Gazoo Racing.

Mobil dengan mesin sangar ini pun dibanderol Rp521,6 juta untuk 2.4 G 4x2 (M/T), Rp570 juta untuk 2.4 VRZ 4x2 (A/T), dan Rp684,5,5 juta untuk 2.8 VRZ 4x4 (A/T) GR Sport.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading