Persiapan MotoGP Mandalika Ala Sandiaga Uno, Seberapa Cepat?

News - Pratama Guitarra, CNBC Indonesia
15 January 2022 17:15
Mandalika International Circuit is seen in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Thursday, Nov. 18, 2021. The newly-built circuit is gearing up to host Superbike World Championship on Nov. 19-21. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus menggenjot persiapan ajang balap motor dunia MotoGP yang sedianya bakal dilaksanakan pada 10-20 Maret 2022 ini.

Salah satu yang disiapkan Sandiaga Uno adalah berkenaan dengan kesiapan akomodasi. Mengacu catatan dari Kemenparekraf, akomodasi di Lombok itu hanya 23 ribu. Maka, untuk mengatasinya terdapat sejumlah alternatif yang akan ditawarkan kepada pengunjung ajang balap MotoGP.


Diantaranya adalah home stay di desa-desa wisata sekitar Mandalika, Sarana hunian pariwisata (Sarhunta), Kapal pinisi, kapal pesiar, Hotel di Bali, Kapal Pelni, Glamping, Cabin dan Campervan.

Dalam akun Instagram resminya, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa alternatif tersebut berpotensi meningkatkan perekonomian warga setempat dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

"Dalam menyambut MotoGP kita mesti bergerak tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu demi kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Kita pastikan keramahtamahan khas Lombok menjadi memori dan kenangan terindah bagi para wisatawan," ungkap Sadiaga Uno.

Tak hanya itu, Kemenparekraf bakal melakukan kerjasama dengan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok yang akan menyediakan sebanyak 27 kamar berstandar internasional. Dan SDM juga akan disiapkan untuk menangani royal box, persiapan VIP Village.

"Poltekpar Lombok dinilai dapat menampung sekitar 300 pengunjung," tegas dia.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading