Internasional

Sangar! Google Beli Gedung di London Rp 14 Triliun

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
14 January 2022 20:45
London. London disebut sebagai salah satu kota terbesar di dunia, dan bersinar sehingga tidak pernah membosankan untuk dikunjungi. Kota ini pun memiliki paduan gaya klasik dan modern, dan menjadikannya relevan untuk semua pelancong, tua dan muda.(Photo by Benjamin Davies on Unsplash) Foto: London (Photo by Benjamin Davies on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa teknologi Google dilaporkan telah membeli gedung Central Saint Giles di London, Inggris. Tak tanggung-tanggung, gedung itu dibeli dengan biaya US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per US$).

Dalam rilis perusahaan Jumat, (14/1/2022), Google berencana untuk melakukan renovasi tambahan di gedung yang berpusat di Covent Garden itu. Nantinya gedung yang sebelumnya disewa itu direncanakan menjadi pusat operasi Google.

"Kami memiliki hak istimewa untuk beroperasi di Inggris selama hampir 20 tahun, dan pembelian kami atas gedung itu mencerminkan komitmen berkelanjutan kami terhadap pertumbuhan dan kesuksesan negara," kata Ruth Porat, CFO perusahaan induk Google, Alphabet, sebagaimana dilansir dari Reuters, Jumat (14/01/2022).


"Renovasi baru juga akan menampilkan ruang kerja tertutup di luar ruangan untuk memungkinkan bekerja di udara segar," tambah perusahaan itu.

Selain itu, Google juga memproyeksikan akan menambah karyawannya di Negeri Ratu Elizabeth itu dari yang saat ini di angka 6.400 orang menjadi 10 ribu. Selain di Central Saint Giles, perusahaan itu juga sedang mengembangkan pusat operasi di wilayah King's Cross.

"Investasi dalam pekerjaan dari Google ini adalah kepercayaan besar di Inggris sebagai pusat teknologi terkemuka dunia," kata Menteri Keuangan Rishi Sunak dalam sebuah pernyataan.

Google mengatakan bulan lalu bahwa mereka menunda rencana kembali ke kantor secara global di tengah meningkatnya kekhawatiran atas varian Omicron.

Sementara itu, Central Saint Giles sebelumnya dimiliki oleh perusahaan patungan antara Legal & General Investment Management Real Assets dan Mitsubishi Estate London Limited. Gedung itu terdiri dari dua bangunan dengan tinggi 15 lantai.


[Gambas:Video CNBC]

(tps/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading