Enggak Susah, Begini Cara Cetak Sertifikat Vaksin dari Rumah

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 January 2022 09:55
Infografis: Unduh Sertifikat Vaksin Covid-19 Bermasalah? Ini Solusinya

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat yang telah divaksin Covid-19 akan mendapatkan sertifikat vaksin. Ini berlaku untuk semua jenis vaksin yang telah digunakan di Indonesia, antara lain seperti Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca, Pfizer, dan lainnya.

Sertifikat vaksin juga akan diberikan dua kali untuk setiap masing-masing dosis suntikan yang diberikan. Sertifikat ini bisa didapatkan dari SMS pemberitahuan, situs Web dan aplikasi PeduliLindungi.

Di dalam sertifikat tersebut berisi nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikat vaksin, tanggal pelaksanaan vasin, dan terdapat kode QR. Berikut cara mengunduh sertifikat vaksin di masing-masing kanal:


SMS

Pengguna akan mendapatkan SMS berisi link sertifikat vaksin setelah selesai suntikan pertama dan kedua. Sertifikat ini ada di dalam situs maupun aplikasi PeduliLindungi.

Untuk mengeceknya, tekan tautan tersebut. Sementara untuk download, berikut caranya:

Klik menu tiga titik di kanan atas smartphone pada Chrome. Lalu pilih panah ke bawah di bagian paling atas panel bersebelahan dengan tanda bintang dan i.

Setelah itu, File Png akan ter-download. Untuk membukanya klik 'open'. Untuk menyimpannya, cara termurah dengan melakukan screenshot.

Sedangkan untuk mencetak sertifikat tekan 'menu', pilih 'share' di bagian 'dropdown'. Lalu, lanjutkan dengan memilih 'print' pada kotak pilihan yang muncul.

Website Peduli Lindungi

Cara lainnya adalah dengan mengakses Web Peduli Lindungi di https://pedulilindungi.id. Sebagai catatan, bila melakukan pencarian status dalam bar pencarian di halaman awal situs tanpa login, data tidak tampil secara akurat.
Sebaiknya, lakukan login dengan nomor telepon yang terdaftar saat vaksinasi. Masukan kode One Time Password atau OTP yang ada di SMS .

Kemudian, klik profil di kanan atas situs untuk memilih sertifikat vaksin. Lalu klik Sertifikat Vaksin dan akan muncul sesuai dengan suntikan yang sudah dilakukan. Bila ingin mengunduhnya, klik tombol 'Unduh Sertifikat'.

Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi ini sudah bisa di-download untuk perangkat Android dan iOS. Setelah selesai diunduh, lakukan login dengan nomor HP yang didaftarkan saat melakukan vaksinasi.

OTP juga akan dikirimkan ke SMS, masukkan kode di dalamnya. Selanjutnya klik ikon akun di pojok kanan atas aplikasi. Pilih Sertifikasi Vaksin untuk melihat sertifikatnya dan informasi.

Klik Unduh Sertifikat untuk mengunduh nya dan menyimpan.

Setelah dokumen vaksin sudah terunduh, kini sertifikat vaksin bisa segera dicetak. Berikut adalah langkah-langkah mencetaknya:

1. Buka aplikasi Microsoft Word, lalu pilih menu 'file > new > blank document'. Lalu tampilan Microsoft Word akan otomatis terbuka
2. Klik menu 'insert > illustrations > pictures'. Lalu masukan file sertifikat vaksin yang sudah diunduh. Kemudian klik 'insert'.
3. Jika gambar sertifikat vaksin sudah muncul, klik kanan di gambar sertifikat vaksin, lalu klik opsi 'pictures', kemudian tab format picture akan terbuka otomatis
4. Atur panjang dan lebar sertifikat vaksin seperti yang diinginkan.
5. Pilih opsi 'Aspect Ratio', lalu hilangkan tanda centang, kemudian pilih 'OK'
6. Selanjutnya untuk mencetak sertifikat vaksin tersebut, tekan tombol 'CTRL + P'
7. Tampilan menu print akan otomatis terbuka, atur ukuran kertas sesuai keinginan.
8. Selanjutnya klik menu 'print' sehingga sertifikat vaksin akan tercetak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terbaru! Ini Syarat Naik Kereta Api Selama Periode Nataru


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading