Alert! Situasi Covid Omicron Jakarta Memburuk, Ini Buktinya

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 January 2022 08:35
Omicron Muncul di DKI Jakarta_konten

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan mencatat tambahan 464 kasus baru hari ini. Penambahan jumlah kasus ini menjadikan total kasus Covid-19 di dalam negeri menjadi 4.268.097 orang.

DKI Jakarta menyumbangkan kasus baru terbanyak hari ini, yaitu 412 orang, dengan pasien sembuh 143 orang. Disusul Jawa Barat 62 orang, pasien sembuh bertambah 25 orang, dan kasus meninggal 1 orang.

Ketiga, Banten dengan tambahan kasus 60 orang dan pasien sembuh 3 orang. Keempat, Jawa Tengah 21 orang, pasien sembuh 8 orang. Kelima, Jawa Timur dengan tambahan 18 orang, pasien sembuh 9 orang, dan kasus meninggal 2 orang.


Adapun Kasus positif varian Covid-19 omicron di Indonesia terus bertambah. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, omicron telah menginfeksi sebanyak 506 orang.

Berdasarkan jumlah tersebut, sebanyak 415 kasus berasal dari para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), di mana 84 kasus lainnya merupakan transmisi lokal di masyarakat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Siti Nadia Tarmizi mengemukakan mayoritas pasien omicron tersebar di tiga kota besar.

"Masih di Jakarta, Bandung, dan Surabaya," kata Nadia saat berbincang dengan CNBC Indonesia

Nadia menyebut, kasus omicron terbanyak terdeteksi berada di Jakarta. Namun, otoritas kesehatan tidak menyebut secara spesifik berapa jumlah kasus omicron di kawasan Ibu Kota.

Nadia memastikan kondisi keseluruhan pasien yang terinfeksi virus yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan itu mayoritasnya tidak bergejala dan bergejala ringan.

"Tidak bergejala, dan gejala ringan," kata Nadia,

Adapun peningkatan kasus omicron diperoleh dari tes S Gene Target Failure (SGTF) yang kemudian divalidasi menggunakan Whole Genome Sequences (WGS).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RSPI Sulianti Saroso Rawat 22 Pasien Terjangkit Omicron


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading