Nih Bocoran Prioritas Anggaran Tahun Ini, Soal Covid?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
12 January 2022 20:50
Gedung kemenkeu

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkanĀ prioritas anggaran di tahun ini akan tetap difokuskan untuk kesehatan, perlindungan sosial, dan pemulihan ekonomi yang bisa menyerap tenaga kerja.

Suahasil menjelaskan, pada 2022 hal yang paling penting dalam pemulihan ekonomi. Sehingga subsidi pada 2022 akan sangat memperhatikan gerak ekonomi di masyarakat.

"Gerak pemulihan kita, harga komoditas juga akan diperhatikan terus menerus," jelas Suahasil kepada CNBC Indonesia dalam program Energy Corner, Rabu (12/1/2022).


Kemudian, pada saat yang bersamaan, kata Suahasil mencari upaya untuk memulihkan ekonomi lebih cepat dan pemulihan yang dibutuhkan masyarakat. Seperti energi dan kegiatan pembangunan, juga akan menjadi fokus pemerintah di tahun ini.

"Karena itu, kalau melihat 2022, kita sekarang memulai merumuskan yang namanya anggaran pemulihan ekonomi. Dan tetap pada tiga komponen besar," jelas Suahasil.

Suahasil merinci, pertama adalah kesehatan. Di mana penanganan kesehatan menjadi sangat penting untuk dilanjutkan.

Mulai dari vaksinasi, kesiapsiagaan sektor kesehatan, rumah sakit, tenaga kesehatan, juga akan disiapsiagakan. "Seluruh yang berkaitan dengan sektor kesehatan itu bagian dari upaya pemulihan," jelas Suahasil.

Kedua adalah perlindungan sosial. Program perlindungan sosial, kata Suahasil akan tetap dijalankan dan dilanjutkan, sambil melakukan review terus menerus guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

Ketiga, yakni memulihkan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya mendorong penyerapan tenaga kerja. "Mendorong sektor-sektor yang bisa menyerap teanga kerja lebih banyak."

"Nah disini kit atau anggaran pemerintah itu bisa memberikan trigger ke pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya padat karya. Triger-triger ini yang terus kita cari tiap kementerian, minta melihat detail apa yang mendorong employment," jelas Suahasil.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sampai Agustus, Uang Buat Pemulihan Ekonomi Capai Rp 326 T


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading