Internasional

Lawan Jack Ma Cs, Xi Jinping Keluarkan Jurus Baru

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
12 January 2022 20:57
yuan digital

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China mengambil langkah terbaru untuk melawan mata uang digital yang dibuat oleh raksasa teknologi besar. Beijing dilaporkan sedang mempercepat peluncuran yuan digitalnya.

Mengutip laporan CNBC, Rabu (12/1/2022), uang digital yang dinamakan e-CNY ini nantinya diharapkan akan digunakan secara luas oleh masyarakat. Mata uang ini akan melawan dominasi Alipay besutan Alibaba dan juga WeChat Pay rancangan Tencent.

Analis di konsultan Trivium China, Linghao Bao, mengatakan bahwa pihak berwenang China sekarang meningkatkan ambisi mereka untuk memperluas penggunaan e-CNY ke lebih banyak warga. Namun belum ada waktu pasti kapan mata uang digital ini diluncurkan.


"Bagi saya rasanya mereka sekarang siap untuk mendorong ini lebih luas," ujar Bao.

Bank Sentral China atau PBOC telah melakukan peluncuran aplikasi yang memungkinkan penggunaan e-CNY di 10 wilayah, termasuk kota besar Shanghai dan Beijing, untuk mendaftar dan menggunakan mata uang digital.

Meski begitu, Bao mengatakan bahwa sebaiknya PBOC melakukan kerjasama dengan raksasa teknologi besar yang menyediakan platform pembayaran digital saja. Hal ini juga dapat diiringi dengan pemberian insentif kepada masyarakat.

"Saya tidak melihat adanya insentif yang kuat karena masih ada gesekan untuk menggunakan yuan digital,"tambahnya . "Anda harus mengunduh aplikasi, mendaftar, lalu isi dompet Anda. Saya tidak yakin konsumen ingin melalui langkah-langkah ekstra ini."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

8 Aturan 'Gila' China di Kepemimpinan Xi Jinping


(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading