Wujud Kemegahan Kilang Pertamina Bernilai Rp 100 Triliun

Video

Wujud Kemegahan Kilang Pertamina Bernilai Rp 100 Triliun

News - Natanael, CNBC Indonesia
12 January 2022 12:15

Jakarta, CNBC IndonesiaPembangunan fisik proyek Refinery Master Development Program (RDMP) Kilang Balikpapan baru mencapai 27,99%. Megaproyek RDMP kilang Balikpapan ini memiliki nilai US$ 7 miliar atau sekitar Rp 100 triliun.

RDMP Balikpapan berlokasi di samping kilang minyak Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dari pantauan CNBC Indonesia di lokasi, proyek ini memang sangat besar. Berdiri di atas lahan ratusan hektar, proyek ini disebut Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati merupakan proyek infrastruktur dengan nilai terbesar di Indonesia pada saat ini.

Proyek RDMP kilang Balikpapan ini ditargetkan rampung pada Oktober 2023. Saat ini kapasitas kilang Pertamina di Balikpapan adalah 260 ribu barel per hari, dan pada akhir 2023 bakal naik menjadi 360 ribu barel per hari. Dari jumlah tersebut, kilang ini akan menghasilkan 319 ribu barel BBM per hari. Kemudian sisanya adalah produk LPG dan petrokimia berupa propylene.

Kehadiran proyek ini dinilai dapat memberikan multiplier effect untuk kehidupan masyarakat, terutama terkait dengan penyerapan tenaga kerja dengan estimasi di angka 15.000 pekerja pada saat puncak fase konstruksi dan 600 hingga 800 pekerja ketika sudah beroperasi serta target penyerapan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) adalah 35%.

Simak selengkapnya dalam video berikut.

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini
Video Terpopuler
    spinner loading