Geram! Luhut Minta Erick Bubarkan PLN Batu Bara

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
11 January 2022 08:36
Keterangan Pers Menteri terkait “Evaluasi PPKM”, Kantor Presiden, Senin (10/1/2021). (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN Batu Bara, anak usaha PT Perusahaan Listrik Negara dianggap sebagai biang keladi yang membuat pasokan batu bara ke pembangkit PLN kerap berkontrak dengan trader.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan geram. Tak ada ampun, Luhut memastikan akan membubarkan perusahaan tersebut.

"Enggak ada [lagi lewat PLN Batu Bara]. PLN Batu Bara kita minta dibubarin," tegas Luhut, seperti dikutip Selasa (11/1/2022).


Permintaan tersebut nantinya akan langsung disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Langkah ini dilakukan sebagai upaya perbaikan tata kelola pengadaan batu bara untuk pembangkit PLN.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut mengatakan bahwa cadangan batu bara untuk pembangkit listrik PLN jauh lebih aman. Stok batu bara untuk pembangkit dalam negeri kini sudah mengarah ke 25 hari.

"Sekarang yang pertama sudah semua baik. Jumlah hari-hari itu kita bertahap bisa 15 hari mengarah ke 25 hari untuk cadangan," kata Luhut.

Krisis batu bara pembangkit listrik dalam negeri memang telah memicu pemerintah memberlakukan kebijakan larangan ekspor batu bara terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Januari 2022.

Namun. Luhut mengatakan sudah ada belasan kapal yang telah diisi oleh batu bara yang sudah diverifikasi untuk melakukan ekspor. Pelepasan pun sudah dilakukan kemarin malam.

Aapun keran ekspor selanjutnya akan dibuka secara bertahap mulai besok, Rabu 11 Januari 2022.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Benarkah Luhut & Erick Terlibat Bisnis PCR? Ini Faktanya....


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading