Jokowi Setop Ekspor Bauksit di 2022 dan Tembaga di 2023!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 January 2022 11:57
Konfrensi Pers Presiden Joko Widodo Mengenai IUP, HGU dan HGB di Istana Bogor, Kamis (6/1/2022). (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyetop ekspor bahan mentah dari sumber daya alam (SDA) bauksit pada tahun ini. Selanjutnya pada 2023, pemerintah akan menutup keran ekspor tembaga.

"Tahun ini segera kita akan setop bahan mentah bauksit. Tahun depan kita setop bahan mentah tembaga," ungkap Jokowi dalam acara HUT PDI Perjuangan, Senin (10/1/2022)


Hal ini menyusul keputusan penghentian ekspor bahan mentah nikel pada 2020 dan batu bara pada awal tahun ini. Hilirisasi ini sangat dibutuhkan untuk menambah lapangan kerja dan mensejahterakan masyarakat.

"Karena dampak hilirisasi industri ini sangat besar. Selain membuka lapangan kerja untuk rakyat akan memberikan nilai tambah yang besar," ujarnnya.

Dengan demikian, Jokowi meyakini hilirisasi SDA di tanah air akan mampu menciptakan kemandirian bangsa.

"Pemerintah juga terus berkomitmen dan bekerja keras untuk membangun kemandirian bangsa dan memperkokoh kepemimpinan Indonesia di internasional. Hilirisasi industri akan terus ditingkatkan karena kita tidak ingin sejak VOC kita mengirim bahan mentah ke luar negeri," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Setop Ekspor Bauksit, Siap-siap Tekanan Pasar Dunia!


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading