Omicron Menyerang, 14 Juta Orang Dites Massal di China

News - Bramudya Prabowo, CNBC Indonesia
09 January 2022 19:00
Residents wearing face masks to help curb the spread of the coronavirus gather at a vaccination site as they wait to receive booster shots against COVID-19, in Beijing, Monday, Oct. 25, 2021. A northwestern Chinese province heavily dependent on tourism closed all tourist sites Monday after finding new COVID-19 cases. (AP Photo/Andy Wong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di awal tahun 2022 ini, sejumlah negara melaporkan adanya peningkatan kasus Covid-19 varian baru omicron. Tak terkecuali negeri tirai bambu, China tepatnya di wilayah Tianjin, yang menemukan kasus positif Covid-19 pada sekitar 20 orang anak-anak dan orang dewasa, dimana dua di antaranya terkait varian omicron.

Seperti dilansir AFP, Minggu (9/1/2022) Adapun mereka yang dinyatakan positif Covid-19 termasuk 15 siswa berusia 8 hingga 13 tahun, seorang anggota staf di pusat after-school program dan empat orang tua.

Atas kondisi ini, pemerintah setempat pun langsung melakukan tes corona massal pada 14 juta penduduknya. Testing akan dilakukan di seluruh kota dan berlangsung selama dua hari, mulai Minggu (9/1).


Dua kasus pertama yang dikonfirmasi di Tianjin adalah seorang gadis berusia 10 tahun dan seorang wanita berusia 29 tahun yang bekerja di pusat after-school program sepulang sekolah. Keduanya terinfeksi oleh varian omicron.

Usai deteksi 2 varian Omicron, pemerintah memberlakukan pengujian dari kontak dekat. Pada Sabtu (8/1) diumumkan ada 18 orang lainnya dinyatakan positif Covid-19 dan 767 dinyatakan negatif.

Perlu diketahui pula, pemerintah China mulai menerapkan pendekatan ketat sejak pertama Corona muncul, dengan pembatasan perbatasan dan lockdown terarah terus diterapkan secara ketat. Namun serangkaian wabah kecil yang muncul di beberapa wilayah menempatkan strategi itu dalam tekanan, terutama menjelang Olimpiade Musim Dingin pada 4 Februari di Beijing mendatang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

3 Fakta Soal Omicron yang Jarang Diketahui, Apa Saja?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading