Menteri Jokowi Paling Tajir: Prabowo-Sandi, Mana Lebih Kaya?

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
09 January 2022 16:30
Cover Headline Prabowo

Jakarta, CNBC Indonesia - Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Pimpinan Tinggi Negara mencatat menteri dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo - Ma'ruf Amin paling kaya adalah Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan.

Laporan yang dirilis oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini memang memuat daftar kekayaan dari para pejabat negara, baik pusat maupun daerah. Laporan ini pun diperbaharui secara berkala berdasarkan laporan dari pejabat yang bersangkut.

Berdasarkan data tersebut per 31 Desember 2021 lalu, deretan menteri yang memiliki kekayaan besar ini berasal dari kalangan pengusaha.


Menteri paling kaya saat ini masih dijabat oleh Sandiaga dengan total kekayaan mencapai Rp 3,815 triliun. Kekayaannya ini berasal dari konglomerasi bisnis investasinya melalui PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG).

Namun, berdasarkan penelusuran, total kekayaan Sandiaga Uno mengalami penurunan yang signifikan. Berdasarkan LHPKN periode 2019, kekayaan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu sempat menembus Rp 5,09 triliun

Menteri terkaya kedua diisi oleh Prabowo dengan total kekayaannya hingga akhir tahun lalu sebesar Rp 2,02 triliun.

Dia memiliki sejumlah perusahaan dan portofolio investasi hingga deretan aset properti yang tersebar di berbagai wilayah.

Di posisi ketiga diisi oleh Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dia memiliki bisnis ride hailing, Gojek yang saat ini sudah bergabung dengan Tokopedia menjadi Goto.

Harta kekayaan Nadiem ini mengalalmi penurunan dari periode sebelumnya yang senilai Rp 1,22 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 745,1 miliar. Total kekayaan Luhut naik dari LHKPN 2019 sebesar Rp 677,4 miliar.

Di posisi kelima diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan nilai kekayaan berdasarkan LHKPN 2020 mencapai Rp 260,6 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menlu Prancis Temui Prabowo-Luhut, Bahas Laut China Selatan?


(mon/mon)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading