Duh, Ada Kabar Buruk Soal Omicron Bagi Pengguna Sinovac

Video

Duh, Ada Kabar Buruk Soal Omicron Bagi Pengguna Sinovac

News - Natanael, CNBC Indonesia
10 January 2022 16:53

Jakarta, CNBC IndonesiaPenerima vaksin Sinovac (CoronaVac) kemungkinan membutuhkan dua kali suntikan booster vaksin lainnya agar tubuh memiliki perlindungan dari Covid-19 varian Omicron.

Ini merupakan hasil penelitian awal yang dilakukan oleh Yale University dengan Kementerian Republik Dominika dan lembaga lainnya. Penelitian ini sudah dipublikasikan di jurnal online medRxiv, namun belum ditinjau oleh rekan sejawat ahli kesehatan lainnya.

Penelitian itu awalnya mencampur dua dosis vaksin Sinovac dengan satu dosis booster vaksin Pfizer. Hasilnya, respons kekebalan yang dihasilkan campuran vaksin itu lebih rendah terhadap varian Omicron.

Dalam penelitian tersebut ditemukan dua dosis vaksin Sinovac plus booster vaksin Pfizer menghasilkan respons antibodi yang mirip dengan vaksin mRNA dua dosis. Vaksin mRNA dikembangkan oleh Pfizer dan Moderna.

Penelitian tersebut mengungkap campuran vaksin itu menghasilkan tingkat antibodi terhadap Omicron adalah 6,3 kali lipat lebih rendah jika dibandingkan dengan Covid-19 varian awal dan 2,7 kali lipat lebih rendah jika dibandingkan dengan varian Delta.

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini
Video Terpopuler
    spinner loading