Internasional

Awas Teror Inflasi di Mana-mana, Kini Hantui Jerman

News - Thea Fathanah Arbrar, CNBC Indonesia
07 January 2022 08:10
Jerman

Jakarta, CNBC Indonesia - Inflasi tinggi kini terjadi di banyak negara dunia. Setelah Amerika Serikat (AS) dan China, kini inflasi juga menunjukkan peningkatan signifikan di Jerman.

Negara itu mencatat tingkat inflasi naik menjadi 5,3% di Desember 2021, laju tercepat sejak Juni 1992. Di November inflasi tercatat 5,2%.




"Akselerasi memiliki sejumlah alasan", kata badan statistik federal Destatis, Kamis (6/1/2021).

Mulai dari biaya energi yang lebih tinggi dan gangguan rantai pasokan karena pandemi. Termasuk pemotongan PPN sementara pada tahun 2020, yang menurunkan dasar pengukuran kenaikan harga saat ini.

Sementara itu sepanjang tahun 2021, inflasi di Negeri Panser mencapai 3,1%. Ini angka akhir tahun tertinggi sejak 1993.

"Pertanyaan yang muncul adalah apakah inflasi telah mencapai puncaknya atau apakah akan ada kenaikan lebih lanjut yang sampai sekarang tidak terduga", kata Kepala Ekonom KfW Fritzi Koehler-Geib, dikutip AFP.

"Keduanya bisa dibayangkan. Ada banyak yang menyarankan bahwa pertumbuhan harga akan mendingin sebagai akibat dari penghapusan efek dasar sementara tetap tidak pasti seberapa cepat kemacetan atau kenaikan harga energi akan mereda."

Harga gas telah melonjak di Eropa dalam beberapa bulan terakhir karena permintaan melonjak seiring keluarganya sejumlah negara dari pembatasan Covid-19, sebelum Omicron tiba. Kenaikan akibat rusuh dengan Rusia, yang memasok sepertiga gas Eropa.

Negara-negara Barat menuduh Rusia membatasi pengiriman gas untuk menekan Eropa di tengah ketegangan atas konflik Ukraina. Ini pun untuk mendorong disetujuinya penyaluran gas dari pipa Nord Stream 2 yang kontroversial yang akan mengirimkan gas Rusia ke Jerman.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Melambung 7,3%, Inflasi Jerman Pecah Rekor Sejak 1981


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading