Internasional

Blak-blakan Dubes India: Investasi di RI Capai Rp 790 Triliun

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
06 January 2022 20:45
Ilustrasi Bendera India. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi India di Indonesia hampir mencapai US$ 55 miliar atau sekitar Rp 790 triliun (asumsi Rp 14.300/US$). Namun hasil ini bukan merupakan investasi langsung antara kedua negara.

Duta Besar (Dubes) India Untuk RI Manoj Kumar Bharti mengatakan investasi India di Indonesia hampir mencapai US$ 1,5 miliar (Rp 21,5 triliun) dalam 20 tahun terakhir.

"Angka ini kurang tepat karena sejumlah investasi yang lebih besar dari India ke Indonesia melalui Singapura," kata Manoj dalam dalam program Prime Words CNBC Indonesia, Rabu (5/1/2022).


"Banyak perusahaan India yang memiliki anak perusahaan di Singapura telah berinvestasi di Indonesia. Jika Anda memperhitungkan investasi itu, bisa dikatakan investasi India ke Indonesia mencapai hampir US$ 55 miliar."

Manoj memaparkan jika negaranya kini tengah mencoba melihat dan mencari tahu apa yang menjadi kendala dalam melakukan investasi langsung dari India ke Indonesia tanpa melalui Singapura.

India sendiri, kata Manoj, mengincar sektor pertambangan batu bara dan tekstil sebagai target utama investor India. Namun seiring waktu, fokus mereka telah beralih ke teknologi yang lebih baru.

"Seperti perangkat lunak, bahan baku obat, peralatan medis ringan. Ini adalah area yang kami fokuskan dari sudut kedutaan," jelasnya.

Ia menambahkan ada beberapa area yang diminati perusahaan India di Indonesia yang akan dijadikan target utama, termasuk sektor farmasi.

"Kami telah mengambil hampir 19 sektor yang berbeda untuk investasi dan kegiatan kami di masa depan. Juga yang memimpin bisnis kedua negara, di mana India dan Indonesia telah berkontribusi dan menunjukkan bagaimana hubungan antara kedua negara terlihat positif dalam berinvestasi," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Ritual Ngeri India: Mandi di Sungai dengan Limbah Beracun


(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading