Ada Penerimaan CPNS 2022 Enggak Ya Tahun Ini?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 January 2022 13:45
Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjalani pemeriksaan validasi dokumen identitas di Gedung pusat Badan Kepegawaian Negara/BKN, Jakarta, Kamis, 2/9.  Pada hari ini Sebanyak 800 peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pantauan CNBC Indonesia peserta Calon ASN mulai datang pukul 08.30 wib. para peserta melakukan registrasi serta pemberian PIN, penitipan barang, body checking. Kemudian, peserta memasuki ruang tunggu steril, dan peserta berpindah dari ruang steril ke ruang ujian. Kepala biro Humas Hukum dan kerja sama pak Satya Pratama mengatakan Penyelenggaraan tes SKD ini, lanjut dia, terdapat tiga sesi yang tujuannya mencegah penyebaran wabah virus corona. Bahkan, sebelum pelaksanaan tes, ruangan yang menjadi tempat ujian dilakukan penyemprotan desinfektan. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rangkaian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah memasuki tahap akhir. Seleksi CPNS 2021 kini memasuki jadwal pengumuman akhir.

Lantas, apakah ada pendaftaran CPNS 2022?

Sejauh ini pemerintah belum secara resmi mengumumkan apakah akan kembali menyelenggarakan rekrutmen CPNS 2022. Padahal, sampai saat ini ada sejumlah formasi yang tidak terisi.


Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), pemerintah telah membuka 659.064 formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Guru dan PPPK non guru pada tahun lalu.

Namun, hasil seleksi CPNS 2021 hanya 390.342 peserta yang telah lolos seleksi, yang terdiri dari 81.979 formasi CPNS, 293.757 formasi PPPK guru, dan 14.606 PPPK non Guru.

Sehingga, setidaknya ada 268.722 formasi yang dipastikan tidak terisi.

Melalui keterangan resmi BKN, dijelaskan bahwa pemerintah pada tahun depan memang akan fokus pengadaan PPPK pada tahun ini. Namun, tidak ada kejelasan secara pasti apakah rekrutmen CPNS akan dibuka atau tidak.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumoloi mengakui bahwa, proses rekrutmen CPNS pada tahun depan masih belum jelas.

"Belum tahu pasti," kata Tjahjo saat berbincang dengan CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Tjahjo mengemukakan proses rekrutmen sampai saat ini masih menunggu seberapa besar kebutuhan pegawai baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Lihat kebutuhan kementerian lembaga, instansi dan pemerintah daerah-pemerintah daerah," kata Tjahjo.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap Gigit Jari, Tahun Depan Tak Ada Rekrutmen CPNS Nih


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading