Jokowi Bersuara, Utus Anak Buah Percepat RUU TPKS!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 January 2022 16:29
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya angkat bicara mengenai pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

Berbicara melalui sebuah video yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi menegaskan bahwa rancangan payung hukum tersebut begitu mendesak untuk segera disahkan.

"Ini perlu menjadi perhatian kita bersama, utamanya kekerasan seksual pada perempuan yang mendesak harus segera ditangani," kata Jokowi, Selasa (4/12/2021).


Sepanjang tahun ini, catatan kasus kekerasan seksual kepada anak dan perempuan memang bertambah banyak. Jokowi pun heran lantaran perkembangan RUU tersebut tak kunjung rampung.

"Saya cermati, RUU tindak pidana kekerasan seksual sejak dalam proses pembentukan pada tahun 2016 hingga saat ini masih berproses," kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah mengutus Menteri Hukum dan HAM Mahfud MD dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati untuk melakukan konsultasi kepada DPR terkait hal ini.

"Agar ada langkah percepatan," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi juga telah meminta kepada Gugus Tugas Pemerintah yang menangani RUU tersebut agar segera menyiapkan daftar inventarisasi masalah terhadap persoalan yang selama ini menghambat disahkannya payung hukum tersebut.

"Sehingga proses pembahasan lebih cepat, masukan pokok substansi untuk memberikan kepastian hukum dan memberikan jaminan kepada korban kekerasan seksual," katanya.

"Saya berharap RUU ini segera disahkan dan memberikan perlindungan secara maksimal bagi korban kekerasan seksual di tanah air," tegas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kala Jokowi Bertemu dengan Jejeran 'Bocah Kalkulator'


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading