Begini Kesiapan RS RI Jika Omicron Tiba-tiba 'Menggila'

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
03 January 2022 13:36
Budi Gunadi Sadikin

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan varian baru Covid-19 omicron di Indonesia terus bertambah. Total kasus omicron di dalam negeri saat ini mencapai 152 orang.

Pemerintah mulai melakukan berbagai langkah mitigasi agar tidak terjadi hal yang diinginkan saat varian tersebut semakin menyebar, terutama dari sisi kesiapan fasilitas kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan pemerintah telah mengalokasikan tempat tidur sebanyak 400 ribu, di mana 120 ribu telah didedikasikan untuk penanganan Covid-19.


"Sekarang terisi 2.400 - 2.500," kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers, Senin (3/1/2021).

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Budi mengatakan, pemerintah juga sudah menyiapkan stok oksigen bagi para pasien. Persoalan oksigen pernah menjadi masalah saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada pertengahan tahun ini.

"Kebutuhan oksigen 700 ribu per hari, naik 2.200. Sekarang persiapannnya kita lakukan sesudah puncak ini kemarin mendatangkan 16 ribu oksigen konsentrator uang kita kirim ke rumah sakit di seluruh Indonesia," kata Budi

Selain itu, pemerintah juga telah memasang 31 oksigen generator untuk memasok ketersediaan oksigen dan mengisi tabung. Di samping itu, pemerintah pun telah mendapatkan pasokan obat Covid-19.

"Hari ini akan datang molnupiravir. Kalau ada apa-apa kita sudah siapkan obatnya, karena terbukti bisa mengurangi laju masuknya ke rumah sakit untuk orang-orang yang terkena Covid-19 yang saturasi di atas 94%," kata Budi


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apakah Penyebaran Omicron Diprediksi Makin Buruk di 2022?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading