Pengelola Keuangan Haji Suntik Rp 1 T ke Bank Muamalat

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
01 January 2022 08:30
Dok: Bank Muamalat Foto: Dok: Bank Muamalat

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memenuhi komitmennya menyuntikan dana sebesar Rp 1 triliun kepada Bank Muamalat. Hal ini dilakukan dengan skema right issue.

Dalam keterangan resmi, Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan bahwa dana itu masuk melalui 39.810.039.107 saham baru seri C. Nantinya, dana itu akan digunakan dalam ekspansi perusahaan.


"Dana tersebut akan masuk dalam komponen modal tier I. Selain digunakan untuk memperkuat struktur permodalan, dana tersebut akan dipakai untuk ekspansi bisnis perseroan. Dengan masuknya dana segar tersebut kami optimistis tahun depan kinerja Bank Muamalat akan semakin meningkat," ujar dikutip Sabtu (1/1/2022).

Komitmen ini sendiri disebutkan saat saham mayoritas Bank Muamalat resmi beralih dari Islamic Development Bank (IsDB) ke BPKH pada November lalu. Tambahan kepemilikan ini adalah hibah saham dari sejumlah lembaga keuangan dunia mulai dari Islamic Development Bank (IDB) hingga National Bank of Kuwait.

Setelah peralihan itu, BPKH Pemegang Saham Pengendali (PSP) dengan memegang 78,45% saham perseroan.

Selain itu, perseroan juga akan melakukan penerbitan instrumen subordinasi sebanyak-banyaknya sebesar Rp 2 triliun yang akan masuk dalam komponen modal tier 2. Seluruh rangkaian aksi korporasi ini ditargetkan akan rampung pada kuartal I tahun 2022.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Dia Sebaran Kuota Haji 2022, DKI & Jabar Kebagian Berapa?


(tps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading