Astra Gelontorkan Sedikitnya Rp 1 T Caplok Tol Pandaan-Malang

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
30 December 2021 20:38
Ruas Tol Pandaan-Malang. (Dok Astra Infra)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) resmi mengakuisisi 49% saham jalan tol Pandaan-Malang di bawah PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) dari pemegang saham. Ruas tol ini mencapai 38 km menghubungkan utara dan selatan Jawa Timur.

Para pemegang saham adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sebesar 51% dan Astra melalui PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra) sebesar 49%.

Pembelian 49% saham ini merupakan milik PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan Jasa Marga (Persero).


Goup CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan akuisisi ini memperkuat portfolio bisnis jalan tol perusahaan. Ini merupakan bentuk investasi perusahaan untuk terus bertumbuh dan berkontribusi di tengah pandemi.

Berapa nilai transaksinya?

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dirilis  PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) saja,  mengenai penjualan seluruh saham PT PP Tbk di PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) kepada PT Astra Tol Nusantara, terungkap bahwa jumlah saham yang dilepas seluruhnya sebanyak 622.293 lembar saham. Jumlah ini setara dengan 35% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam JPM kepada PT Astra Tol Nusantara, dengan nilai transaksi Rp 928,77 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Toyota Jadi Juara, Ini 10 Merek Mobil Terlaris September 2021


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading