Internasional

Astaga! Roket Tembak Kantor Perusahaan Minyak China di Irak

News - Thea Fathanah Arbrar, CNBC Indonesia
29 December 2021 06:13
Smoke rise from Israeli shelling near the southern Lebanese village of Kfar Shouba, after Hezbollah fired rockets near an Israeli positions the Golan Heights, Friday, Aug. 6, 2021. The militant Hezbollah group said it fired a barrage of rockets near Israeli positions close to the Lebanese border on Friday, calling it retaliation for Israeli airstrikes on southern Lebanon a day earlier. (AP Photo/Mohammed Zaatari)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah roket dan tembakan menargetkan tempat yang menjadi kantor perusahaan jasa minyak China di Irak Selatan, Selasa (28/12/2021) dini hari.

Kejadian ini dilaporkan terjadi di Provinsi Dhi Var, wilayah bergejolak dan dilanda kemiskinan di negeri itu.




"Kantor pusat perusahaan China ZPEC, yang beroperasi di lapangan Al-Gharraf di utara Nasiriyah, menjadi sasaran roket dan peluru tajam," kata juru bicara perusahaan Karim al-Jandil, dikutip AFP, Rabu (29/12/2021).

Setidaknya enam orang telah ditangkap. Motif mereka dikatakan adalah pemerasan untuk menekan perusahaan serta mengamankan pekerjaan penduduk setempat.

Provinsi Dhi Qar, termasuk ibu kotanya Nasiriyah, dilanda protes berdarah menentang korupsi dan pengangguran sejak paruh kedua tahun 2019. I

Irak adalah produsen terbesar kedua di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) di mana komoditas itu menyumbang lebih dari 90% dari pendapatannya.

Dari data November, negara itu mengekspor lebih dari 98 juta barel minyak mentah dan menghasilkan lebih dari US$ 7,6 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

To The Moon, Potret Korsel Uji Coba Roket Luar Angkasa


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading