Internasional

Pak Prabowo! Tetangga RI Ini Beli Kapal Perang Korsel Rp 7,9T

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
28 December 2021 19:35
Penjaga Pantai Filipina / Satuan Tugas Nasional-Laut Filipina Barat, beberapa dari 220 kapal Tiongkok terlihat tertambat di Whitsun Reef, Laut Cina Selatan (Philippine Coast Guard/National Task Force-West Philippine Sea via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Filipina memutuskan untuk memesan dua kapal perang baru dari Hyundai Heavy Industries, Korea Selatan (Korsel). Nilai pemesanan dua armada perang ini senilai 28 miliar peso atau setara Rp 7,9 triliun.

Dalam keterangan resminya, Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana mengatakan bahwa kapal yang dipesan merupakan armada korvet dan fregat kecil. Kapal ini nantinya digunakan untuk melindungi kapal lain dari serangan.

"Proyek ini akan memberi Angkatan Laut Filipina dua korvet modern yang mampu melakukan misi anti-kapal, anti-kapal selam dan anti-perang udara," kata Lorenzana dalam pidato pada upacara penandatanganan di Manila, Selasa (28/12/2021).


"Kesepakatan itu akan memastikan kesamaan dan interoperabilitas dengan aset kami yang ada serta kemudahan perawatan dan perbaikan."

Langkah ini sendiri datang setelah Manila juga mengakuisisi dua mantan kapal penjaga Pantai AS, tiga kapal pendarat dari Australia, serta kapal patroli penjaga pantai dari Jepang. Hal ini dilakukan seiring dengan meruncingnya konflik teritorial antara Filipina dan China di Laut China Selatan (LCS).

China sendiri masih sangat agresif dalam menempatkan patok negaranya di wilayah LCS. Bahkan Beijing mengklaim atas sekitar 90% wilayah perairan itu dalam sebuah klaim yang dikenal sebagai sembilan garis putus-putus.

Klaim teritorial sepihak tersebut tumpang tindih dengan beberapa negara ASEAN dan Taiwan. Selain dengan China, LCS sendiri berbatasan dengan Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Petinju Legenda Manny Pacquiao Pensiun, Ikut Nyapres Filipina


(tps/tps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading