Belum ada Kasus Covid-19 di 6 Negara ini, Yang Bener Nih?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
26 December 2021 19:30
INFOGRAFIS, Mengenal Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbagai negara dunia masih terus melawan virus corona penyebab Covid-19, baik itu varian delta hingga omicron. Tapi, tahukah kamu ada juga lho negara-negara yang berhasil bebas dari penularan virus tersebut.

Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih terus menghantui masyarakat di berbagai belahan dunia. Banyak negara bahkan memberlakukan lockdown guna menghentikan penularan kasus aktif.

Virus corona yang sampai saat ini terus bermutasi, bahkan telah menewaskan jutaan jiwa di seluruh dunia. Di tengah munculnya varian omicron, para ilmuwan di seluruh dunia telah menyatakan keprihatinannya.

Kendati demikian, beberapa negara di dunia terbukti belum terdeteksi adanya Covid-19. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), negara-negara ini belum terdeteksi satu pun kasus virus corona.



Berikut daftar negara yang belum terdeteksi kasus Covid-19, dilansir dari Republic World, Minggu (26/12/2021).

1. Mikronesia
Mikronesia terletak di Samudra Pasifik bagian barat yang terdiri dari lebih 600 pulau. Menurut WHO, tidak ada kasus Covid-19 yang terdeteksi di Mikronesia

2. Kepulauan Pitcairn
Kepulauan Pitcairn merupakan gabungan empat pulau vulkanik di selatan Samudra Pasifik. Menurut WHO, tidak ada kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dengan nol kematian. Menurut WHO, sebanyak 74 orang per 100 penduduk telah divaksinasi lengkap.

3. Turkmenistan
Turkmenistan mengkonfirmasi belum ada satupun kasus Covid-19 yang terdeteksi di Turkmenistan. Namun, WHO masih belum mengkonfirmasi keabsahannya.

Seorang pejabat senior WHO kepada BBC menyatakan keraguannya atas klaim negara itu pada nol kasus Covid-19. Catherine Smallwood, salah satu pejabat WHO mengungkapkan bahwa tidak mungkin virus corona tidak menyebar di Turkmenistan.

Menurut WHO, pada 28 Agustus 2021, sebanyak 7.589.976 dosis vaksin telah diberikan untuk melawan Covid-19 di Turkmenistan. Berdasarkan catatan WHO, sebanyak 53.162 telah divaksinasi lengkap per 100 penduduk.

4. Nauru
Nauru adalah negara kepulauan di Pasifik Tengah yang menurut WHO tidak terdeteksi kasus dan kematian Covid-19. Menurut WHO, ada 66.254 orang yang telah divaksinasi lengkap per 100 penduduk.

5. Niue
Niue adalah negara pulau kecil di Samudra Pasifik Selatan. Niue belum mendeteksi satu kasus COVID-19 dengan nol kematian, menurut WHO.

6. Kiribati
Kiribati adalah negara kepulauan di tengah Samudra Pasifik. Hingga 17 Desember 2021, belum ada kasus terkonfirmasi Covid-19 di negara yang dilaporkan ke WHO ini.

Sesuai statistik WHO, per 18 November 2021, total 82.167 dosis vaksin telah diberikan untuk melawan Covid-19 di negara tersebut.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Akhir Tahun 2021 WHO Bawa Kabar Buruk Lagi, Berani Baca?


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading