Gempa Bumi M 5,2 Guncang Maluku Utara, Tak Berpotensi Tsunami

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
26 December 2021 11:38
BMKG (Dok. BMKG)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gempa bumi tektonik magnitudo M 5,2 mengguncang wilayah laut Maluku Utara pada pukul 09.22 WIB, Minggu (26/12/2021).

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi memiliki parameter perkembangan dengan magnitudo M 5,4.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengemukakan episentrum gempabumi terletak pada koordinat 2,28 LU: 126,76 BT.


"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut," kata Bambang.

Adapun lokasi tepat gempat berada di laut pada jarak 138 kilometer arah Barat Laut Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 38 kilometer.

Meskipun gempa bumi berada di laut, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami. Namun, bisa menimbulkan guncangan.

Guncangan atau shakemap yang dimaksud bisa terjadi di Tobelo III MMI, di mana getaran dapat dirasakan secara nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Masyarakat pun diminta agar tetap tenang dan tidak terpengaruh pada isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Titik Lokasi Gempa M 6.7 Banten yang Terasa Hingga Jakarta


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading