Terungkap! Omicron Masuk RI dari Malaysia dan Kongo

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
24 December 2021 08:55
Wiku Adisasmito Koordinator, Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah mengkonfirmasi berdasarkan hasil whole genome sequencing (WGS) pekan ini, bahwa kasus COVID-19 varian Omicron sudah mencatatkan 8 kasus positif.

Yaitu 1 warga negara Indonesia (WNI) kedatangan asal Malaysia, dan 2 WNI kedatangan asal Kongo.

"Meninjau hal tersebut, maka pemerintah akan semakin memperketat di pintu masuk negara. Baik masuk pintu darat, laut maupun udara," Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito Kamis (23/12/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Meskipun kasus Omicron di Indonesia masuk melalui pintu udara, namun Pemerintah mencermati angka positivity rate jalur udara, darat dan laut. Pemerintah akan tetap mengetatkan upaya testing dan tracing pada seluruh pintu kedatangan

Jika melihat angka positivity rate, maka angka yang tinggi berada pada jalur laut, diikuti jalur darat lalu jalur udara. Khusus pintu masuk jalur laut dan darat, positivity rate kedatangan mencapai lebih tinggi 10 kali lipat daripada di pintu masuk udara.

Dengan rincian per 12 - 18 Desember 2021, positivity rate di pintu udara sebesar 0,48%, di pintu laut 5,41% dan di pintu darat 1,3 persen.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RI Masuk! Hampir 80 Negara Dunia Kebobolan Omicron


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading