Pengumuman! Ganjil Genap Jalan Tol Batal Selama Nataru

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 December 2021 12:31
Sejumlah kendaraan melintas diposko penyekatan di Jalan Lenteng Agung Raya, Selasa, 10/8. Jumlah kendaraan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang melalui posko penyekatan di Jalan Lenteng Agung Raya, Jakarta Selatan, diakui lebih banyak. Pantauan CNBC Indonesia terlihat juga   jalur darurat dan khusus tenaga kesehatan (nakes) yang masih dipasang di pos penyekatan Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada hari kelima pelaksanaan PPKM Darurat. Ruas paling kanan digunakan untuk nakes, pengendara berkebutuhan darurat, serta kendaraan yang hendak melakukan putar balik arah Depok melalui fly over tapal kuda; ruas tengah untuk mobil; dan ruas paling kiri untuk pengendara roda dua.
Sementara itu ruas jalur paling kiri terlihat paling dipadati pengendara. Puluhan kendaraan roda dua sempat menumpuk hingga beberapa meter. Perwira Pengendali Pos Penyekatan PPKM Ipda Kebol Sitio menduga peningkatan mobilitas tersebut karena pemerintah juga mulai melonggarkan aktivitas warga, seperti pada aktivitas di pasar rakyat, restoran, maupun pekerja kantor.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan tidak akan memberlakukan ganjil genap nomor polisi selama periode libur Natal dan Tahun Baru di ruas jalan tol.

Hal tersebut dikemukakan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Senin (20/12/2021). "Tidak ada penerapan gage di tol secara khusus," kata Adita

Rencana perluasan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat di jalan tol sebelumnya dikemukakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.


Dalam rapat kerja bersama DPR beberapa waktu lalu, Budi mengatakan rencana penerapan ganjil genap di jalan tol akan diterapkan pada 20 Desember hingga 2 Januari 2022.

Rencana penerapan ganjil genap memang menjadi salah satu opsi yang mengemuka dalam pembatasan pergerakan masyarakat. Kebijakan tersebut akan berlaku di sejumlah titik yang dianggap menjadi episentrum keramaian.

Titik-titik yang dimaksud meliputi jalan tol, kawasan Ibu Kota provinsi, hingga tempat wisata. Khusus jalan tol, ganjil genap akan diberlakukan di jalan tol Merak, tol Palimanan-Kanci, Tol Cikampek, dan Tol Padalarang.

Meski demikian, Pemprov DKI Jakarta telah memperpanjang kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap yang berlaku di 13 jalan protokol dan 3 lokasi wisata.

Adapun khusus ganjil genap di 13 ruas jalan diperpanjang sampai 3 Januari 2022.

Adapun titik pemberlakuan pembatasan tidak ada yang berubah. Ganjil genap tetap diberlakukan di 13 ruas jalan, dengan waktu penerapan Senin - Jumat pada pukul 06.00 - 10.00 WIB dan 16.00 - 21.00 WIB.

Sementara itu, pada akhir pekan ganjil genap ada penambahan tiga lokasi ganjil genap yaitu di sejumlah kawasan wisata seperti Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia, dan Ragunan.

Tiga lokasi wisata di DKI Jakarta yang memberlakukan ganjil genap akan dimulai pada pukul Jumat pukul 12.00 WIB sampai hari Minggu 18.00 WIB.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jelang Nataru, Ganjil Genap Diterapkan di Tol Trans Jawa


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading