Prabowo Bacakan Arahan Jokowi: Mari Tunjukkan RI Bangsa Kuat

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 December 2021 08:20
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan kunjungan kerja. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat Indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan negara.

Amanat Jokowi disampaikan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memimpin upacara memperingati Hari Bela Negara ke 73, dikutip laman resmi Kemhan, Senin (20/12/2021).

"Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat lainnya," jelas amanat Jokowi yang dibacakan Prabowo.


Jokowi menekankan upaya menjaga kedaulatan negara harus dilakukan dengan semangat bela negara serta menekankan bahwa bela negara bukan semata tugas TNI dan Polri.

Jokowi menegaskan nilai dasar bela negara yang perlu dikembangkan oleh seluruh komponen bangsa yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan negara, setia pada pancasila, dan rela berkorban.

"Sekali lagi saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita untuk ikut serta alam bela negara, di manapun kita berada, apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, semua punya hak," katanya.

Jokowi mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk saling bahu membahu dan bergandeng tangan, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Agar kita tangguh melalui berbagai ujian, dan terus bertumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa. [...] Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi perang terhadap Covid-19, serta tantangan bangsa lainnya," tegasnya.

Jokowi menekankan bahwa tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini tidaklah mudah. Menurutnya, diperlukan daya juang dan kerja keras agar mampu melewati masa sulit ini.

"KIta harus tampil sebagai pemenang, kita harus optimistis. Kita harus menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab itu semua dengan inovasi dan karya nyata," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prabowo Sebut Jokowi Tolak Alihkan Anggaran Kemhan Demi Covid


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading